Jumat, 28 Desember 2012

Warga Nahdiyyin Kalteng Gelar Haul Akbar


Wafatnya KH. Kaspul Anwar Firdaus 


SETH ADJI, FATTALA
Warga Nahdiyyin se-Kalimantan Tengah menggelar Haul akbar ke-37 guru besar Thariqah Junaidi al-Baqdadi yaitu KH. Kaspul Anwar Firdaus bin Shalih dikediaman HM. Hamdy, SY jalan Antang Kalang, Minggu (16/12).

Acara yang digelar, sekaligus silaturrahmi warga Nahdiyyin tersebut dihadiri ketua Pimpinan Wilayah Nahdatul Ulama (NU) Kalimantan Tengah H.Abdul Wahid Aha, H. Abdurrahman Hamba, para sesepuh NU di Kalimantan Tengah dan para santri berbagai pondok pesantren.

Nampak juga hadir diundang pada acara tersebut Bakal Calon Walikota Palangka Raya, Isrodianson, ST, MT.

Ketua panitia Haul Akbar Ustadz H. Syamsul Bahri mengatakan Haul akbar yang dilaksanakan tersebut mempunyai tujuan yang mulia, karena untuk mengumpulkan jamaah atau murid-murid beliau yang banyak tersebar diseluruh Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan Tengah.

“Dengan banyaknya murid beliau, khususnya di Kalimantan Tengah maka dengan Haul akbar ini, kita ingin menyatukan kembali untuk bersilaturrahmi seluruh jamaah Thariqah Junaidi al-Baqdadi yang dibawa oleh (alm) KH. Kaspul Anwar Firdaus bin Shalih,” ucap Syamsul.

Namun, katanya, dilaksanakannya Haul akbar tersebut tidak hanya dari jamaah Thariqah Junaidi al-Baqdadi saja yang diundang bahkan dari semua thariqah yang ada di Kalimantan Tengah juga diundang.

Hal itu agar pihaknya bisa bertukar pendapat dan tukar pikiran, apa saja permasalahan-permasalahan yang perlu diluruskan dari anggapan-anggapan satu thariqah terhadap thariqah lainnya.

Seperti diketahui, ucap Syamsul Bahri, Thariqah itu adalah sebuah jalan (amaliah) menuju pelaksanaan takwa dan segala sesuatu yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Mungkin dalam perjalanan itu ada perbedaan. Namun katanya asal menuju tempat yang satu yaitu Allah SWT, maka hal itu dibenarkan.

Sementara itu, Abdurrahman Hamba mewakili pengurus NU mengatakan tujuan haul akbar untuk mengenang sejarah perjuangan dan perkembangan Thariqah Junaidi al-Baqdadi salah satunya adalah KH. Kaspul Anwar Firdaus bin Shalih. Harapannya adalah agar pemegang thariqah diberikan keselamatan sehingga terus melakukan pembinaan terhadap jamaah Islam yang belum memahami tentang thariqah. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB