Perubahan-perubahan Globalisasi yang
banyak mempengaruhi kondisi pemuda Indonesia sekarang ini. Kecenderungan Pemuda
yang tidak dapat menjaring arus globalisasi tersebut berdampak negative
terhadap perkembangan pemikiran pemuda itu sendiri kedepannya. Kondisi ini,
terlihat mulai banyak muncul pemuda-pemuda era modern yang membawa trend
sebagai pemuda yang Hedonistic, Materialistik, Individualisme, dan satu lagi
terkenal Lebay.
Karena itulah National Building yang dulunya intens dijalankan oleh
pemerintah harus lebih ditingkatkan kembali dengan program Pendidikan Karakter
(Character Education) untuk membentengi pemuda dari arus Globalisasi
yang kebablasan.
Jangan Biarkan Pemuda bangsa kita yang
berbudaya ini menjadi permainan Globalisasi yang nantinya malah menjerumuskan
kepada pemuda yang bermalas-malasan dan tidak mau berproses untuk mencapai
kemajuan. Hal yang harus diwaspadai
pula, jangan biarkan pemuda antara satu daerah dengan daerah yang lainnya
saling bentrok mencari pembenaran masing-masing.
Karakter Pemuda yang menghargai Kearifal
Lokal (Local Wisdom) sebagai salah satu penunjang karakter bangsa yang
nasionalis jangan pula dihilangkan. Kearifan Lokal karakter pemuda antara
daerah yang satu dengan daerah yang lainnya memang berbeda, tetapi itu jangan
sebagai alasan untuk pertumpahan darah.
Perbedaan karakter pemuda antara
daerah satu dan daerah lainnya harus
menjadi pemersatu dan kekuatan bangsa ini kedepannya dalam rangka
mengantisipasi adanya penjajahan di era modern. Karena berakar dari karakter
kearifan lokal itulah jiwa pemuda bangsa ini dibangun. Dengan adanya karakter
kearifan lokal yang berbeda-beda ini akan menjadi tantangan sekaligus kekuatan
terbesar bangsa ini dalam suksesi dan Potensi menjadi bangsa terbesar di Bumi
ini.
Pendidikan Karakter adalah pendidikan
yang ditujukan untuk mengukir akhlak melaui proses mengetahui sesuatu yang benar (knowing the
good), mencintai sesuatu yang baik (Loving the good), dan berperilaku yang baik
(action the good) , yaitu proses pendidikan yang melibatkan aspek koghnitif,
emosi dan fisik sehingga akhlak mulia bisa terukir menjadi habit of the mind,
heart, and hands. Karena itulah mari bangun diri kita pribadi sebelum membangun
orang lain
Beberapa hal tentang Kearifan Lokal
Pendidikan Pemuda Berkarakter, ada
beberapa mekanisme untuk mendidik menjadi Pemuda berkarakter yang dilaksanakan
melalui kegiatan lembaga pendidikan maupun kegiatan kepemudaan di Kalimantan
Tengah antara lain, pembelajaran muatan
lokal dari tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, dukungan pemerintah
daerah dan dinas-dinas terkait melaui kegiatan pengembangan potensi kepemudaan
dan hal-hal positif lainnya, menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan pluralisme
masyarakat Kalimantan Tengah dan menghindari sedini mungkin isu-isu SARA dan Menggenjot
jiwa kepemimpinan dan enterpreneurship pemuda Kalimantan Tengah. muy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar