Jumat, 28 Desember 2012

Menjadi Pemuda Super Yang Berkarakter



Perubahan-perubahan Globalisasi yang banyak mempengaruhi kondisi pemuda Indonesia sekarang ini. Kecenderungan Pemuda yang tidak dapat menjaring arus globalisasi tersebut berdampak negative terhadap perkembangan pemikiran pemuda itu sendiri kedepannya. Kondisi ini, terlihat mulai banyak muncul pemuda-pemuda era modern yang membawa trend sebagai pemuda yang Hedonistic, Materialistik, Individualisme, dan satu lagi terkenal Lebay.

Kepekaan Pemuda yang dulunya dikenal sebagai motor penggerak perubahan bangsa dan negara mulai luntur dan hilang terkikis arus globalisasi yang begitu kuat. Benteng Pemuda yang dikenal nasionalis dan berkepribadian luhur, mulai hilang ditelan bumi.

Karena itulah National Building  yang dulunya intens dijalankan oleh pemerintah harus lebih ditingkatkan kembali dengan program Pendidikan Karakter (Character Education) untuk membentengi pemuda dari arus Globalisasi yang kebablasan.

Jangan Biarkan Pemuda bangsa kita yang berbudaya ini menjadi permainan Globalisasi yang nantinya malah menjerumuskan kepada pemuda yang bermalas-malasan dan tidak mau berproses untuk mencapai kemajuan. Hal yang  harus diwaspadai pula, jangan biarkan pemuda antara satu daerah dengan daerah yang lainnya saling bentrok mencari pembenaran masing-masing.

Karakter Pemuda yang menghargai Kearifal Lokal (Local Wisdom) sebagai salah satu penunjang karakter bangsa yang nasionalis jangan pula dihilangkan. Kearifan Lokal karakter pemuda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya memang berbeda, tetapi itu jangan sebagai alasan untuk pertumpahan darah. 

Perbedaan karakter pemuda antara daerah  satu dan daerah lainnya harus menjadi pemersatu dan kekuatan bangsa ini kedepannya dalam rangka mengantisipasi adanya penjajahan di era modern. Karena berakar dari karakter kearifan lokal itulah jiwa pemuda bangsa ini dibangun. Dengan adanya karakter kearifan lokal yang berbeda-beda ini akan menjadi tantangan sekaligus kekuatan terbesar bangsa ini dalam suksesi dan Potensi menjadi bangsa terbesar di Bumi ini.

Pendidikan Karakter adalah pendidikan yang ditujukan untuk mengukir akhlak melaui proses  mengetahui sesuatu yang benar (knowing the good), mencintai sesuatu yang baik (Loving the good), dan berperilaku yang baik (action the good) , yaitu proses pendidikan yang melibatkan aspek koghnitif, emosi dan fisik sehingga akhlak mulia bisa terukir menjadi habit of the mind, heart, and hands. Karena itulah mari bangun diri kita pribadi sebelum membangun orang lain

Beberapa hal tentang Kearifan Lokal Pendidikan Pemuda  Berkarakter, ada beberapa mekanisme untuk mendidik menjadi Pemuda berkarakter yang dilaksanakan melalui kegiatan lembaga pendidikan maupun kegiatan kepemudaan di Kalimantan Tengah  antara lain, pembelajaran muatan lokal dari tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, dukungan pemerintah daerah dan dinas-dinas terkait melaui kegiatan pengembangan potensi kepemudaan dan hal-hal positif lainnya, menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan pluralisme masyarakat Kalimantan Tengah dan menghindari sedini mungkin isu-isu SARA dan Menggenjot jiwa kepemimpinan dan enterpreneurship pemuda Kalimantan Tengah. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB