Jumat, 28 Desember 2012

Tingginya Curah Hujan, Pertumbuhan Nyamuk Meningkat

DPRD KOTA, FATTALA
Pemerintah Kota Palangka Raya diminta harus lebih cepat tanggap terhadap tingginya curah hujan yang mengakibatkan lajunya pertumbuhan nyamuk. Akhir-akhir ini nyamuk mulai cepat pertumbuhannya yang terbukti dengan banyak nyamuk di rumah warga dan beberapa kantor-kantor.
 
Demikian diungkapkan anggota DPRD kota Palangka Raya, Elsanto saat diwawancara sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (17/12).
 
Menurutnya, dengan banyaknya nyamuk yang menghinggapi rumah-rumah warga serta beberapa kantor instansi pemerintah akan berdampak meningkatkannya pertumbuhan penyakit demam berdarah dengue (DBD). “Kalau hal itu tidak cepat diantisipasi, bisa meningkat juga penyakit itu,” tuturnya.
 
Ditanya tentang apakah dengan meningkatnya curah hujan di musim hujan seperti yang terjadi saat ini bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat?, Elsanto mengungkapkan bisa terjadi demikian, Wabah penyakit infeksi daerah iklim tropis yang mematikan dan sering dikaitkan dengan perubahan pola iklim salah satunya adalah wabah penyakit DBD.
 
Musim Hujan dapat menjadi faktor pemicu timbulnya bencana baru yaitu wabah penyakit DBD. Maka dari itu, menurut Elsanto, pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan kota Palangka Raya harus cepat mengambil sikap, jangan hanya menunggu banyaknya korban terkena DBD baru dilakukan pengasapan. Pengasapan harus segera dilakukan pada musim-musim penghujan ini.
 
Penanggulangan DBD, menurut Elsanto, selain secara darurat dengan pengasapan, yang terbaik juga pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M, yaitu menguras atau menutup rapat tempat penampungan air dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan serta mewaspadai semua benda dan tanaman yang bisa menampung air. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB