Jumat, 21 Desember 2012

Pemuda Super Yang Berkarakter



Peluang Dan Tantangan Pemuda Kedepan

Oleh : Suprayitno

Ada beberapa permasalahan Pemuda Indonesia saat ini yang membutuhkan perhatian Khusus dari Pemerintah, Masyarakat dan juga Pemuda itu sendiri agar tidak terlalu lama jatuh dalam keterpurukan.

Beberapa permasalahan pemuda Indonesia saat ini antara lain, masih rendahnya tingkat partisipasi sekolah pemuda, masih rendahnya tingkat pendidikan pemuda, tingginya tingkat pengangguran pemuda, terbatasnya sarana dan prasarana pembangunan kepemudaan, terbatasnya anggaran pembangunan kepemudaan, kecenderungan orientasi yang berlebihan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat Politik, dibandingkan pada kegiatan-kegiatan kepeloporan, keswadayaan, pekerjaan sosial, Ekonomi kreatif dan Olahraga serta masih rendahnya kapasitas dan daya saing pemuda.

Beberapa contoh diatas adalah permasalahan yang menjadi momok bagi pemuda Indonesia saat ini. Faktor-faktor diatas yang menjadikan pemuda bangsa Indoesia semakin lama semakin tidak produktif  dan kalah bersaing dengan pemuda-pemuda dari negara lain. Salah satu penyebab permasalahan di atas adalah melemahnya pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Hal ini harus diantisipasi sedini mungkin, agar pemuda kita tidak lengah dengan arus modernisasi yang menghantui mereka. Harus ada kerjasama semua Pihak dari Stakeholder terkait dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan Pemuda agar Pembangunan yang dicita-citakan bangsa ini dapat terlaksana sebagai mana mestinya.

Dengan adanya peningkatan intensitas pendidikan berkarakter bagi pemuda, diharapkan nantinya pemuda bangsa ini menjadi pemuda yang Berkarakter Intelektual Proferik (Karakter Teladan), menjadi contoh dan barometer kondisi pemuda Indonesia kedepannya. Adapun standar untuk menjadi Pemuda yang berkarakter intelektual proferik antara lain, Cinta Tuhan, Bermoral, Bijaksana, Pembelajar Sejati, Mandiri dan Kontributif.

Pendidikan berkarakter itulah yang di gencarkan oleh pemerintah beberapa saat ini. Dengan pendidikan berkarakter diharapkan keseluruhan proses pendidikan yang dialami peserta didik menjadi pengalaman dalam pembentukan kepribadian dengan cara memahami dan mengalami sendiri nilai-nilai, keutamaan-keutamaan moral, nilai-nilai ideal agama dan budaya.

Dengan adanya pengembangan  Karakter pemuda diharapkan melalui dunia pendidikan akan memberikan kontribusi untuk mengembangakan potensi pemuda yang lebih optimal. Implementasi pendidikan karakter oleh pemuda di negara kita pasti akan menjadikan mereka pemuda-pemuda penerus bangsa yang berdaya saing dan berkompetensi untuk membangun bangsa ini lebih baik lagi. Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk menyepakati adanya nilai-nilai pandangan filosofi bangsanya yaitu melalui Pancasila yang nantinya diharapkan akan menjadi  dasar lahirnya pemuda Indonesia yang berkarakter. (Bersambung….)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB