Minggu, 09 Desember 2012

Produk Rosella Wakili Kalteng Tingkat Nasional



RTA. MILONO, FATTALA
Bunga Rosella merupakan salah satu tanaman yang banyak manfaatnya baik dari daun, kelopak, bunga hingga buahnya. Saat ini produk hasil tanaman Rosella asal warga Kelurahan Kalampangan menjadi wakil Kalimantan Tengah dalam lomba kelompok UP2K-PKK Tingkat Nasional di Palembang awal Januari 2013 mendatang.

Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (UP2K-PKK) tersebut dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK).

Beberapa produk rosella yang saat ini masih dalam tahap penilaian panitia pusat antara lain Peye Kujamu, Kopi Rosella, Teh Herbal Rosella, Selai Rosella, Manisan Rosella, Agar-agar Rosella, Sirup Rosella, Jus Rosella dan Jamu Rosella.

Sebelumnya, hasil kerajinan dari Rosella asal Kalampangan itu telah dipertandingkan di tingkat propinsi Kalimantan Tengah yang diikuti 14 Kabupaten/Kota di Lamandau tanggal 15 Mei 2012 lalu dan berhasil meraih juara pertama.

“Karena keunikan dan memiliki khas serta masuk dalam penilaian yang dilombakan, produk rosella menjuarai di tingkat propinsi Kalteng dan saat ini mewakili Kalteng pada lomba UP2K-PKK tingkat nasional,” jelas ketua Pokja II Bidang Keterampilan dan pendidikan, Masriah Sutransyah di kediamannya, Minggu (9/12).

Selaku pengurus PKK kota Palangka Raya, pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap UP2K-PKK Kelurahan Kalampangan dengan melakukan kerjasama dengan PKK Propinsi Kalimantan Tengah agar nantinya bisa menjuarai lomba di tingkat nasional.

“Kita saat ini terus melakukan pembinaan baik dalam bentuk teori maupun pelaksanaan teknis penilaian seperti perbaikan kemasan biar lebih kreatif dan menarik serta kepengurusan administrasi tentang hasil produk rosella tersebut,” tutur Masriah yang juga sebagai ketua IKWI Kalteng ini.

Dalam kesempatan itu, Masriah mengucapkan terima kasih atas dukungan dari PKK Propinsi Kalimantan Tengah yang tengah ikut melakukan pembinaan. “Kita ucapkan terima kasih kepada ibu Rada Agustina Siper Hermanto, Mathida Irene dan Nenglis Diang Idara selaku pengurus PKK Provinsi Kalimantan Tengah yang sangat mendukung dalam meningkatkan kesiapan menghadapi kejuaraan di tingkat Nasional dengan membawa produk Rosella asal UP2K Kelurahan Kalampangan.” MUY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB