Jumat, 21 Desember 2012

Menari (Menata Diri) Menjadi Pemuda Super Yang Berkarakter


Oleh : Suprayitno

Pendidikan  Karakter adalah proses mengukir dan memahat jiwa sedemikian rupa, sehingga berbentuk unik, menarik dan berbeda dari orang lain. Unik dalam pemahaman ini  adalah memiliki karakter yang langka, tetapi ketika dikembangkan maka karakter itu akan menjadikan seseorang menjadi luar biasa hebat. Menarik yaitu karakter itu menjadikan diri seseorang memiliki daya tarik tersediri, sehingga orang lain berkeinginan memiliki karakter yang sedemikian.

Sedangkan Berbeda dari Orang lain, yaitu karakter yang dimiliki oleh seseorang itu mampu menonjolkan dirinya dengan orang lain, baik itu dalam pergaulan maupun kompetisi dengan orang lain.

Di dalam Pembangunan karakter Pemuda, Pendidikan Karakter sangat penting untuk management tingkah laku pemuda itu sendiri. Karena Pendidikan Karakter itu sangat erat hubungannya dengan moral yang digambarkan baik ataupun tidak baik.

Dalam Kehidupan masyarakat karakter juga diartikan sebagai tabiat, watak, budi pekerti yang semuanya kalau diimplementasikan dalam kehidupan yang nyata akan menjadi tolok ukur seperti apa tingkah laku seseorang itu di dalam masyarakat. 

Dalam konteks kesadaran nasional, Pendidikan Karakter merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat dan pemerintah dalam rangka menciptakan pemuda Indonesia yang Berkarakter dan bertanggung jawab.

Nilai-nilai Pemuda dikatakan berkarakter ada 4 yaitu: Nilai Kecerdasan (cerdas secara Intelektual, Emosional dan Sosial), Nilai Kejujuran, Nilai Ketangguhan dan Nilai Kepedulian.

Terbentuknya Karakter manusia ditentukan oleh 2 faktor : yaitu Nature (faktor alami/fitrah) dan Nurtute (faktor Lingkungan dan Pendidikan). Berbicara tentang Karakter yang pada akhirnya merujuk pada tindakan baik ataupun tidak baik, dalam prakteknya kehidupan sehari-hari seseorang yang  memiliki pengetahuan moral belum tentu mengikuti moral yang baik.

Hal ini karena seperti yang disebutkan diatas bahwa faktor nature dan nurture itulah yang mempengaruhi tingkah laku pemuda itu sendiri dalam kehidupan masyarakat tersebut. Karena itu sangat penting membangun karakter pemuda itu dari 2 sisi yang berbeda, yaitu dibangun dari dalam dirinya sendiri yang memang merupakan fitrah dari Tuhan Yang Maha Esa kemudian tidak lupa pula pembangunan karakter pemuda melalui Lingkungan sekitar yang memang mendukung seseorang untuk bisa memanfatkan potensi yang ada dalam dirinya dengan baik di dalam masyarakat.

Terkadang faktor dominan dari kondisi masyarakat sekitar lah yang lebih banyak menciptakan apakah pemuda itu berkarakter baik atau malah sebaliknya, karena pada dasarnya masyarakat sekitar itu  menjadi tempat dimana seseorang itu berproses untuk menjadi lebih baik atau malah berproses menjadi lebih buruk. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB