Jumat, 28 Desember 2012

Bukan Zamannya Menutup-Nutupi Informasi Publik



BALAI KOTA, FATTALA
Humas Pemerintah kota Palangka Raya mengadakan bimbingan teknis kehumasan di lingkungan pemerintah kota Palangka Raya di gedung pertemuan Peteng Karuhei, Jum’at (14/12).  

Acara yang diikuti sebanyak 40 peserta dari Humas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kota Palangka Raya itu, mengangkat tema; Optimalisasi Layanan Publik Yang Informatif Terhadap Masyarakat di kota Palangka Raya.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Walikota Palangka Raya, HM. Riban Satia.

Dalam sambutannya, Riban mengingatkan kepada peserta akan pentingnya meningkatkan peran kehumasan sebagai jendela pemerintah untuk memberikan informasi kepada publik, baik terhadap peningkatan kegiatan kepemerintahan maupun hal lain yang layak menjadi konsumsi publik.

“Saat ini bukan lagi zamannya menutup-nutupi informasi publik, apalagi itu berhubungan dengan kepentingan orang banyak. Disinilah peran humas untuk memberikan pelayanan kepada publik termasuk wartawan,” tutur Riban.

Kegiatan ini, tutur Riban merupakan bagian dari peningkatan profesionalisme aparatur negara untuk mewujudkan tata  pemerintahan yang baik, bersih, berwibawa, bertanggung jawab, dan profesional yang akan mampu mendukung pembangunan daerah kota Palangka Raya dan mendorong terwujudnya bangsa yang berdaya saing untuk mencapai masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera.

Sementara itu, Kepala Humas Pemerintah Kota Palangka Raya, H. Zaini mengatakan dengan dibekalinya pegawai kehumasan di lingkungan pemerintah kota Palangka Raya akan memberikan pemahaman bagaimana tugas wartawan dalam mencari berita. “Mereka harus melayani dengan baik apabila ada wartawan atau masyarakat mempertanyakan sesuatu, namun tentunya sesuai dengan aturan,” tuturnya.

Ia menambahkan, Kode etik jurnalistik seorang wartawan juga harus diterapkan apabila ingin meminta informasi kepada pejabat publik atau bagian kehumasan agar tercipta hubungan yang baik dan tetap menjaga independensi dalam pemberitaannya.

Nara sumber dalam kegiatan yakni ketua PWI Cabang Kalteng H. Sutransyah, Kepala Biro Humas dan Protokoler Propinsi Kalimantan Tengah Teras A. Sahai dan Dosen FISIP UMP sekaligus Redaktur Kantor berita Indonesia Antara, H. Muhammad Yusuf, MAP. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB