Jumat, 28 Desember 2012

STAIN Gelar Workshop Nasional



Penggunaan DVD Al-Qur’an Hadis dan Perpustakaan Digital

G.OBOS, FATTALA
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya menggelar workshop nasional pembelajaran dan penggunaan DVD Al-Qur’an Hadis dan Perpustakaan Digital dengan menghadirkan Narasumber Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, MA selaku Pimpinan Pusat kajian Hadis Jakarta bertempat di Aula Baru, Rabu (12/12).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Ma’had al-Jamiah STAIN Palangka Raya dan Pusat Kajian al-Qur’an (PKQ) Kalimantan Tengah dengan mengangkat tema menjadi insan islami sejak dini dengan kemajuan digitalisasi informasi dan teknologi.

Ketua STAIN Palangka Raya, DR. Ibnu Elmi AS Pelu, mengatakan kedatangan tokoh nasional dalam pendidikan Islam ini memberikan semangat bagi kampus yang dipimpinnya untuk terus memacu diri agar menjadi pusat pembelajaran Islam terkemuka di Kalimantan Tengah.

Untuk menjadi kampus yang modern tentunya tidak luput dengan dukungan teknologi informasi. Namun teknologi yang diharapkan adalah teknologi informasi yang mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kampus yang bernapaskan Islam.

“Kehadiran Dr. Ahmad Lutfi Fathullah, MA memberikan kesempatan kepada kita untuk menggali ilmunya terkait masalah pembelajaran dan penggunaan DVD Al-Qur’an Hadis dan Perpustakaan Digital,” tutur Ibnu.

Sementara itu, pembina asrama, Eka Suryansyah mengungkapkan  kehadiran lulusan doktor tersebut, membawa misi salah satunya, cara memanfaatkan teknologi dalam berdakwah. Dimana beliau menghimpun ribuan hadis-hadis shahih yang dimuat dalam bentuk DVD Digital untuk mempermudah seseorang ataupun mahasiswa, apabila ingin mencari hadis yang diinginkan.

“Beliau merupakan salah satu pelapor yang berinisiatif tokoh Islam untuk membuat perpustakaan Digital, yang mana memuat kajian-kajian keislaman sebagai referensi bagi mahasiswa. Keuntungan bagi mahasiswa, tentunya mempermudah mencari referensi. Perpustakaan seperti sudah dalam genggaman tangan saja. Tinggal klik kajian-kajian hadis yang dicari, maka akan muncul yang kita inginkan tersebut,” ucap Eka.

Zainuri salah satu mahasiswa yang mengikuti acara tersebut mengungkapkan bahwa dengan pembelajaran dan penggunaan DVD al-Qur’an Hadis dan Perpustakaan Digital tersebut sangat membantu dalam dunia perkuliahannya.

“Kegiatan pelatihan cara menggunakan digital hadis sangat penting bagi mahasiswa, karena dapat mempermudah tugas dalam bidang hadis. Karena pencarian sebuah hadis kita tinggal klik di aplikasi hadis tersebut, maka langsung keluar beberapa hadis yang ingin kita cari tersebut.

Ia juga menambahkan, Pembelajaran digital hadis ini juga sangat membantu bagi mahasiswa yang saat ini diasramakan. Menurutnya, karena diasrama mahasiswa diwajibkan satu hari hafal hadis, maka dengan bantuan pencarian hadis digital itu bisa mempermudah.

Sementara itu, Dr. Ahmad Lutfi Fathullah dalam paparannya mengungkapkan sebagian orang sengaja menolak Hadits karena dianggap rumit. Belum lagi kitab-kitab itu ditulis oleh banyak orang sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan sangat besar.  Atas alasan itu sebagian kaum Muslim tidak mau menerima Hadits sebagai hujjah.

“Padahal sahabat telah sepakat bahwa Hadits itu hujjah. Mereka yang tidak mau menerima Hadits berarti tidak paham al-Qur`an atau malas belajar Hadits,” terang , DR. Lutfi Fathullah, doktor bidang Hadits.

Untuk membuktikan bahwa mempelajari Hadits itu mudah, Lutfi membuat Ulumul Hadits dalam bentuk CD. Cara kerja software CD Ulumul Hadits tinggal klik saja. Ingin tahu definisi Hadits, tinggal klik menu Hadits.

Ingin tahu soal “sahabat”, tinggal klik. Maka akan muncul definisi sahabat dan hal-hal yang berkaitan dengan sahabat. Ada juga Rijalul Hadits, Ilmu Musthalah Hadits, Kitab-kitab Hadits, sanad, biografi para ahli Hadits, dan segala hal yang berkaitan dengan ilmu Hadits. Semuanya tinggal klik dan berbahasa Indonesia,” tutur dosen Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB