Jumat, 28 Desember 2012

Jangan Abaikan Peran Perempuan dalam Membangun Bangsa



BALAI KOTA, FATTALA
Pemerintah kota Palangka Raya melalui Badan Pemberdayaan Perempuan kota Palangka Raya menggelar upacara peringatan Hari Ibu ke-84 tahun 2012 bertempat di gedung Pelampang Tarung, Balai Kota, Kamis (20/12).

Dalam upacara memperingati itu, Walikota Palangka Raya H.M. Riban Satia beserta ibu Norlaina Riban Satia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada kaum ibu atas bakti, partisipasi dan kontribusinya pada perjuangan bangsa, termasuk perjuangan yang dilakukan kaum perempuan sebelum dan setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Menurut Riban, tema peringatan hari ibu tahun ini adalah peran perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju kesejahteraan bangsa. Dengan tema tersebut diharapkan dapat meningkatkan dan menyegarkan aspirasi masyarakat bahwa keterlibatan perempuan dalam membangun bangsa tidak diabaikan begitu saja.

“Kaum perempuan Indonesia bersama-sama kaum laki-laki merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari warga negara dan sebagai pejuang bangsa dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan serta membangun bangsa secara menyeluruh sesuai kodrat dan kemampuannya,” ucap Riban.

Harapnya, kepada kaum ibu agar dapat terus meningkatkan peranan dan kedudukannya dalam segala aspek kehidupan secara berjenjang baik di bidang sosial politik, pendidikan, kesehatan dan kemasyarakatan.

Sebelumnya, ketua panitia Dra. Enon F. Lion, M.AP dalam sambutannya mengatakan tujuan peringatan hari ibu tersebut untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia dalam merebut kemerdekaan serta untuk mempertebal tekad dan keyakinan bangsa Indoensia untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Selain itu, ucap Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan ini, tujuan lain untuk meningkatkan peran kaum perempuan bersama laki-laki dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan serta membangun bangsa secara menyeluruh sesuai dengan kodrat dan kemampuannya.

Enon berharap melalui peringatan hari Ibu kaum perempuan bersama kaum laki-laki yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari warga negara yang mempunyai tanggung jawab untuk turut mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan menuju kesejahteraan bangsa dengan bersendikan pada pembangunan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan hidup yang berimbang sebagai pilar-pilar yang saling tergantung dan memperkuat satu sama lain.

Sebelum acara puncak peringatan hari itu tersebut telah digelar beberapa kegiatan seperti lomba panginan sukup simpan yang melibatkan seluruh dinas instansi di lingkungan perintah kota Palangka Raya, lomba kecamatan sayang ibu, lomba pesta ceria remaja se-kota dan lomba perilaku hidup bersih dan sehat tingkat kota. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB