Jumat, 28 Desember 2012

Menggali Bakat dan Menumbuhkan Kreativitas Siswa

Membentuk Karakter Siswa yang Bertanggung Jawab
 
S.PARMAN, FATTALA
Mengisi waktu usai melaksanakan ujian akhir sekolah, Siswa MTs An-Nur Palangka Raya menggelar berbagai macam kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu minggu (sejak tanggal 17 s/d 22 Desember 2012) itu dimaksudkan untuk menggali bakat dan membangun kreativitas siswa.
 
Berbagai cabang lomba dipertandingkan seperti futsal, tarik tambang, lari kelereng, lari pendek, lari karung dan bersih kelas. Selain itu, pada bidang keagamaan juga digelar beberapa perlombaan seperti lomba adzan, peragaan busana muslim dan lomba kaligrafi.
 
“Semua kegiatan cabang lomba itu dikelola sendiri oleh para siswa melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTs An-Nur Palangka Raya dengan membentuk kepanitiaan kegiatan classmeeting yang dipandu oleh guru. Ini dimaksudkan agar tumbuh jiwa kepemimpinan anak untuk mengelola suatu kegiatan dan memberikan rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepada mereka,” tutur kepala MTs An-Nur kota Palangka Raya, Rus’ansyah, M.Pd saat diwawancara Fattala di ruang kerjanya, Selasa (18/12).
 
Menurutnya, beberapa kegiatan yang sudah dipertandingkan berjalan dengan baik dan sukses, siswa mampu melaksanakan kegiatan di lapangan yang mereka buat sendiri. Ini merupakan salah satu karakter yang ingin dibentuk terhadap siswa agar lebih bertanggung jawab.
 
Lanjut Rus’ansyah, Peran guru disini hanya mengawasi, membimbing dan mengarahkan saja. Pelaksanaan di lapangan seluruhnya diserahkan kepada siswa. “Kita lihat seperti pertandingan futsal, siswa sendiri mengatur pola pertandingannya, membuat skema dan bahkan untuk wasitnya sendiri dari siswa juga. Jiwa seperti ini yang ingin kita bangun kepada anak didik di MTs An-Nur ini,” tutur Rus’an yang pernah memimpin berbagai lembaga kemasyarakatan di kota Palangka Raya ini.
 
“Saya ingin membagikan berbagai pengalaman kepada siswa, bagaimana mengelola suatu kegiatan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab,” katanya.
 
Rus’an juga menjelaskan bahwa berbagai kegiatan yang dilaksanakan itu juga merupakan bagian dari persiapan para siswa didikannya untuk menghadapi Lomba dan Temu OSIS tingkat SMP/MTs se-kota Palangka Raya yang dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2013 mendatang.
 
“Kebetulan kita yang menjadi tuan rumah pada kegiatan Lomba dan Temu OSIS tingkat SMP/MTs se-kota Palangka Raya itu, makanya dari sekarang kita sudah mempersiapkan siswa agar benar-benar terbentuk karakter kepemimpinan dan rasa tanggung jawabnya,” ucap Rus’an.
 
“Kita berharap dengan berbagai kegiatan lomba yang digelar kali ini, akan muncul bakat siswa dalam bidang-bidang yang digelutinya dan yang tak kalah pentingnya adalah akan muncul calon-calon pemimpin yang berkarakter jiwa kepemimpinan dan memiliki rasa tanggung jawab dalam tugas,” harap pengurus KAHMI Wilayah Kalimantan Tengah ini. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB