Sabtu, 29 Desember 2012

Jangan Biarkan Tumbang Rungan Terus Banjir



TUMBANG RUNGAN, FATTALA
Memang diakui Kelurahan Tumbang Rungan yang terletak di Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah itu sering terjadi banjir bahkan sudah menjadi langganan setiap kali musim penghujan. Namun seharusnya jangan dibiarkan begitu saja, harus dicarikan solusi bagaimana hal tersebut tidak terus menerus terjadi.

Pemerintah kota Palangka Raya harus memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan sarana dan prasarana jalan di tempat tersebut. Paling tidak pemerintah tidak membiarkan begitu saja warganya yang terus menderita dilanda duka setiap kali musim penghujan.

Seringnya terjadi banjir di Kelurahan Tumbang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya juga mengundang keprihatinan dari Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K. Yunianto, beberapa waktu lalu telah melakukan peninjauan langsung ke lapangan daerah tersebut.

“Memang jalan di Kelurahan Tumbang Rungan perlu diperhatikan dan perlu penimbunan lagi, karena ditempat tersebut masih sering terjadi banjir. Jalan itu memang rendah, itu perlu ditambah dan ditinggikan supaya tidak banjir lagi,” tuturnya kepada wartawan di kantor DPRD Kota, akhir pekan lalu.

Apalagi, katanya, kalau peningkatan jembatan itu juga dibuat lebih permanen. Ia yakin masyarakat disana akan benar-benar menikmati pembangunan dari para pejabat pemerintah Kota Palangka Raya.

Menurutnya, ke depan memang harus dicarikan solusi. Ia mencontohkan seperti jalan utama yang beraspal menuju Tumbang Rungan itukan bagus dibikin jembatan. Pembuangan airnyapun berjalan lancar. Coba seandainya hal itu juga dibuatkan jembatan atau hal lainnya supaya tidak terjadi banjir.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini juga mengatakan memang kedepannya akan agendakan untuk melakukan reses berikutnya salah satunya difokuskan ke daerah Tumbang Rungan tersebut, agar dicarikan solusi terbaik sehingga masyarakat di kelurahan Tumbang Rungan tidak terus menerus menjadi langganan banjir.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah pernah berjanji di tahun 2013 mendatang akan melakukan perbaikan jembatan dan pembuatan siring beton di Kelurahan Tumbang Rungan. Karena jembatan satu-satunya yang membentang di kawasan permukiman penduduk tersebut kondisinya cukup memprihatinkan.

Dengan kondisi jembatan yang cukup memprihatinkan itu, tentu sangat menyulitkan warga untuk melakukan aktivitas pekerjaannya apalagi untuk pengangkutan seperti pasir maupun bahan lainnya untuk keperluan membangun rumah.

Sampai akhir tahun 2012 pun belum nampak adanya tanda-tanda  untuk memperbaiki jembatan dan siring jalan yang kerap diterpa banjir hingga mencapai ketinggian sekitar 1,3 meter itu.

Semoga janji tidak sekedar janji, masyarakat khususnya di Kelurahan Tumbang Rungan nampaknya sudah cukup bosan menunggu dan terus menunggu tanpa kepastian serius dan komitmen untuk mensejahterakan. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB