Jumat, 28 Desember 2012

Perempuan Berwirausaha Menciptakan dan Memberikan Nilai Tambah



DIPONEGORO, FATTALA
Saat ini jumlah perempuan lebih dari separuh penduduk Indonesia. Namun potensinya belum dimanfaatkan secara maksimal. Peran perempuan seakan hanya sebatas melayani suami, anak dan rumah tangga saja.

Padahal perempuan sebenarnya bisa melakukan pekerjaan selain pekerjaan di atas. Dapat meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga untuk kelangsungan pendidikan anak-anak lebih baik. Untuk bisa berkontribusi secara signifikan bagi tujuan pembangunan bisa dicapai melalui berwirausaha, meningkatkan SDM dan pelestarian lingkungan.

Demikian disampaikan ketua Pokja II Bidang Pendidikan dan Keterampilan PKK kota Palangka Raya, Hj. Marsiah Sutransyah dalam penyelenggaraan pendidikan keorangtuaan TP PKK kota Palangka Raya di rumah jabatan Walikota Palangka Raya, Kamis (13/12).

Menurutnya, saat ini seorang perempuan dalam membantu ekonomi keluarga harus kreatif, unik dan inovatif. Ia menjelaskan kreatif dalam artian membuat suatu hasil keterampilan dengan kreatif pemasaran dan kreatif produksi. Unik berarti produksi berbeda dengan yang lain dan tidak dimiliki oleh yang lain. Sedangkan inovatif berarti memiliki cara-cara dan produk terbaru untuk dijual kepada pelanggan.

Marsiah berharap kepada para orang tua perempuan memulai menggali semua potensi diri dengan pengetahuan dan kualitas diri. Selain itu, baca keadaan dan lakukan apapun segera mungkin untuk mengejar impian, mencari informasi mengumpulkan modal, menyiapkan tempat dan menjalin hubungan baik.

Sementara itu, ketua tim penggerak PKK kota Palangka Raya, Hj. Norlaina Riban Satia dalam sambutannya mengatakan pendidikan kecakapan keorangtuaan merupakan peningkatan kapasitas pemangku kepentingan pendidikan masyarakat berkaitan dengan kecakapan keorangtuaan untuk pendidikan karakter.

Pendidikan kecakapan keorangtuaan yang berkaitan dengan pendidikan karakter yaitu dalam keluarga, pemberdayaan ekonomi keluarga dan kesehatan keluarga. Menurut Norlaina, Karakter yang perlu ditumbuhkan dan dibentuk oleh orang tua dalam diri anaknya adalah karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, kemandirian dan tanggungjawab, kejujuran dan amanah, hormat dan santun, karakter toleransi dan kedamaian dan satuan. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB