Jumat, 21 Desember 2012

Menjelang Natal dan Tahun Baru Harga Ayam Naik, Sembako Masih Stabil



BALAI KOTA, FATTALA
Menjelang Natal dan Tahun Baru harga Ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Palangka Raya kembali naik menjadi Rp35ribu per kilogram. Padahal pada hari-hari biasa hanya berkisar antara Rp.24-25ribu.

Naiknya harga ayam tersebut diperkirakan karena banyaknya permintaan konsumen menjelang Natal dan Tahun Baru, sementara persediaan untuk Palangka Raya terbatas atau tidak mencukupi.

Kenaikan harga daging ayam di kota Palangka Raya tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi kota Palangka Raya, Djuan, “Kami tadi pagi (kemarin, red) sudah melakukan pemantauan di beberapa pasar kota Palangka Raya seperti di Pasar Badak dan Pasar Rajawali, memang terjadi kenaikan harga untuk daging ayam hingga mencapai Rp.35 per kilogram,” ucapnya, Rabu (12/12).

Selain naiknya harga daging ayam tersebut, ketersediaan untuk kota Palangka Raya sendiri sangat kurang dan tidak mencukupi. Untuk itu, tambah Djuan, Usaha yang dilakukan, pihaknya sudah mencoba melakukan fax ke beberapa tempat di luar kota Palangka Raya seperti Banjarmasin, Kaltim dan Sampit untuk mencari pemasok daging ayam yang bisa mengisi Palangka Raya. “Karena di Palangka Raya mengalami kekurangan ayam,” ucap Djuan.

Namun, tuturnya lagi, ketersediaan Sembako (Sembilan Bahan Pokok) di kota Palangka Raya masih stabil diperkirakan sampai akhir tahun masih aman atau tidak ada masalah. Kestabilan harga sembako tersebut menurut Djuan karena adanya pasar penyeimbang yang akan terus bergerak sampai 12 Januari 2013 mendatang.

Sementara itu, pada kesempatan yang berbeda, salah satu pedagang daging ayam, Watiah (43) mengatakan, kenaikan daging ayam sudah terjadi dalam beberapa hari ini. Kenaikan harga ayam diakuinya langsung dari distributor.

“Kenaikan sudah terjadi sekitar 2-3 hari ini, mungkin pasokan daging ayam untuk kota Palangka Raya terbatas, apalagi menjelang Natal dan tahun baru jadinya harga mahal dan pasokannya kosong,” ujarnya kepada Fattala. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB