Jumat, 28 Desember 2012

Museum Kalteng Dinilai Terbaik ke-3 di Indonesia



TJILIK RIWUT, FATTALA
Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi Duta Museum yang diselenggarakan di Swissbel-Hotel Danum, Sabtu (15/12).

Koordinator Pemilihan Duta Museum, Dewi Murwaningrum dalam rilisnya menjelaskan melalui pemilihan Duta Museum daerah dapat mendorong terwujudnya wawasan publik tentang arti, fungsi museum dan peranannya dalam pembentukan karakter bangsa sekaligus memberikan pencitraan yang positif terhadap museum di Indonesia.

Tidak hanya itu, menurutnya power duta museum diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap museum dengan mempengaruhi publik agar secara intensif melakukan kunjungan ke museum.

Museum merupakan wahana pembelajaran tentang sejarah perkembangan pembangunan ketransmigrasian di Indonesia bagi SD, SMP, SMA sederajat dan Perguruan Tinggi serta tempat yang baik bagi masyarakat untuk mengetahui tentang Sains, Sejarah dan Budaya selain juga dapat dijadikan sebagai tempat penelitian,” tutur Dewi.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Kalimantan Tengah, Saidina Aliansyah mengatakan pihaknya mengaku bangga terhadap penilaian pemilihan duta museum di Kalimantan Tengah, walaupun tidak terpilih menjadi duta museum nasional, paling tidak katanya museum di Kalimantan Tengah mendapat urutan terbaik ke-3 di seluruh Indonesia.

Menurutnya ini sebuah hasil yang cukup memuaskan. Pihaknya berharap penyelenggaraan sosialisasi Duta Museum tersebut terus ditingkatkan agar ke depan pandangan masyarakat Kalimantan Tengah terhadap fungsi museum semakin meluas dan untuk membangun kembali image museum dan merubah paradigma lama masyarakat mengenai museum, sehingga masyarakat bangga karena memiliki benda-benda bersejarah dari nenek moyang mereka sendiri. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB