Kamis, 02 Agustus 2012

Warung Makan Diminta Tutup Terbatas


JEKAN RAYA, FATTALA – Pemilik warung dan usaha rumah makan atau restoran yang berjualan di siang hari dihimbau agar tidak membuka usahanya secara terbuka (tertutup terbatas). Guna menghormati ibadah puasa yang saat ini sedang dijalani umat muslim. Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang, beberapa waktu lalu yang disiarkan melalui media elektronik  dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1433 H.


Berdasarkan pantauan FATTALA di lapangan, terlihat sebagian rumah makan di wilayah kota Palangka Raya sudah memilih tutup dan baru berjualan pada sore hari menjelang buka puasa. Tutupnya rumah-rumah makan tersebut terlihat di sepanjang jalan Tjilik Riwut, terutama yang berada di wilayah Km. 1 sampai Km.5.

Himbauan juga disampaikan oleh Walikota Palangka Raya baik melalui tertulis maupun secara lisan. Ia menghimbau seluruh masyarakat di daerah kota Palangka Raya untuk menghormati umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan ini. 

“Mari kita menghormati saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah puasa dengan tidak membuka usaha warung makan atau restauran secara terbuka pada siang hari, karena bisa mengganggu mereka yang sedang berpuasa,” pinta HH. Riban Satia pada saat peresmian pasar wadai ramadan di jalan Ais Nasution Palangka Raya atau depan SMUN-1 Palangka Raya, Sabtu (21/7).

Beberapa bentuk menghormati bagi umat Islam yang berpuasa seperti tidak membuka usaha warung makan atau restauran  pada siang hari, bagi yang tak berpuasa hendaknya tidak makan dan minum juga merokok di tempat umum.

Rumah makan tetap boleh dibuka tentu menjelang berbuka puasa, dan bagi mereka baik muslim maupun non muslim jangan karena tidak puasa lalu mengabaikan saudara kita yang berpuasa dengan makan dan minum atau juga merokok di tempat terbuka atau ruang umum. Karena jika hal ini  dilakukan tentu akan merobek toleransi sesama kita. Meski hal ini sepele dan kecil namun tentunya akan mengganggu kenyamanan umat yang berpuasa,” jelas Riban.

Walikota berharap momen Ramadan ini benar-benar dimanfaatkan agar dapat menjadi insan yang lebih berkualitas dan meningkatnya Sumber Daya Manusia yang pada akhirnya mampu membangun kota Palangka Raya yang baik dan sejahtera.

Saiful Hadi, pemilik warung makan Markas Foods Friend Chicken vs Tempe Penyet berlokasi di jalan Tjilik Riwut Km.1 atau depan Polda Kalteng, ia mengaku belum mendapatkan surat pemberitahuan atau himbauan baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kota Palangka Raya untuk menutup warung makan secara terbatas di siang hari tersebut. Walaupun begitu, jelas Saiful, Ia tetap melakukan penutupan warung selama puasa di bulan ramadan. “Itu untuk menghormati saudara-saudara kita muslim yang sedang berpuasa,” jelas Saiful. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB