Kamis, 02 Agustus 2012

Potensi Zakat Meningkatkan Kesejahteraan Umat


THAMRIN, FATTALA – Zakat merupakan salah satu pilar dari pilar Islam yang lima, Allah SWT. telah mewajibkan bagi setiap muslim untuk mengeluarkannya sebagai penyuci harta mereka. Selama ini zakat masih belum dikembangkan secara optimal. Padahal ummat Islam memiliki banyak potensi sumber daya manusia dan ekonomi yang melimpah yang jika seluruh potensi itu dikembangkan tentu akan diperoleh hasil yang optimal dan kemungkaran akibat kesulitan ekonomi akan makin dapat dipersempit. 

Demikian disampaikan H. Khairil Anwar selaku penceramah pada buka puasa bersama yang digelar di rumah jabatan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Ahmad Diran, Sore kemarin (25/7).

Lanjut Khairil, Bulan ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah dimana amal dan pahala di lipatgandakan. Selain itu, di bulan ini terdapat suatu kewajiban bagi umat Islam yang salah satunya adalah kewajiban berzakat, maka dari itu potensi zakat memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam yang ada di garis bawah kemiskinan untuk diangkat derajatnya.

Maka disinilah pentingnya pengelolaan zakat yang profesional yang salah satunya melalui BAZDA (Badan Amal Zakat Daerah). BAZDA di Kalimantan Tengah perlu pro aktif untuk mensosialisasikan pentingnya kewajiban zakat untuk setiap muslim. “Kalau perlu BAZDA pro aktif mengambil zakat melalui surat atau bentuk sosialisasi lainnya,” jelas Khairil.

Saya melihat BAZDA Kalimantan Tengah sudah baik dan bagus, mereka sampai sudah menyampaikan pesan melalui spanduk-spanduk yang besar di beberapa sudut jalan raya kota Palangka Raya.

Kita berharap melalui badan zakat, kemiskinan yang selama ini menjadi isu sentral bagi rakyat Indonesia tak terkecuali di Kalimantan Tengah bisa dioptimalkan sebaik-baiknya. Seperti ayat al-Qu’an yang artinya, Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” pesan Khairil, sembari mengatakan bahwa ayat tersebut terdapat pada surah At-Taubah ayat 103.  Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB