Selasa, 21 Agustus 2012

Teras: Otonomi Daerah adalah Pilihan Terbaik


GUBERNURAN, FATTALA - Otonomi daerah merupakan pilihan yang terbaik saat ini dan telah berlangsung lebih dari satu dasawarsa. Sesuai esensinya bahwa otonomi daerah merupakan upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan, pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan suatu daerah dalam sistem NKRI, jelas Teras Narang.

Ia menambahkan, selain itu otonomi daerah juga harus mempertimbangkan prinsip efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah disertai dengan pemberian hak dan kewajiban penyelenggaraan otonomi daerah dalam kesatuan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara.

Maka otonomi daerah merupakan sebuah kekuatan (strengths) dan sekaligus peluang (opportunities) dalam mempercepat pembangunan di daerah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan menyelenggarakan urusan pemerintahan, baik urusan absolut maupun urusan concurrent. Oleh sebab itu misi provinsi Kalimantan Tengah tahun 2012 adalah “satukan pikiran, perkataan, perbuatan dan pengabdian serta program kita, agar rakyat Kalimantan Tengah lebih maju, rukun, damai, sejahtera dan bermartabat”.

Sudah barang tentu untuk mencapainya diperlukan harmonisasi, konsistensi, dan komitmen dari semua pihak disertai dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas oleh kita semua selaku warga masyarakat Kalimantan Tengah. Untuk itu selain program kegiatan yang telah menjadi prioritas nasional juga diperlukan inovasi program dan kegiatan yang sesuai karakter daerah dan  langsung menyentuh kepada kepentingan masyarakat luas antara lain : Program Mamangun Tuntang Mahaga Lewu (PM2), Kalteng Barigas, Kalteng Harati, Gerakan Bersama Menggunakan Lahan Terlantar (GeBer MLT) dan REDD+.

Harapan saya agar program-program ini dapat dipahami dan dilaksanakan dengan lebih baik oleh pemerintah, masyarakat dan dunia usaha secara bersama-sama sebagai perwujudan dari tata pemerintahan yang baik (good Governance).

Capaian pembangunan  di Provinsi Kalimantan Tengah dalam beberapa tahun terakhir membangkitkan optimisme kita semua bahwa jalan menembus isolasi sudah dilakukan dan sudah terbuka serta pengembangan kesejahteraan sebagai ukuran penting masyarakat Kalimantan Tengah yang bermartabat sudah mulai menapak jalan yang tepat. Sebagian mimpi yang sudah tercapai tersebut merupakan hasil dari sinergi antar aktor pembangunan dan pemerintahan yang menjadi energi paling kuat untuk mewujudkan mimpi membuka isolasi.

Tantangan terbesar Kalimantan Tengah adalah menghubungkan antar kawasan dan menghubungkan Kalimantan Tengah secara lebih intensif dengan dunia luar. Ketersediaan infrastruktur yang layak adalah bagian dari nilai kesejahteraan itu sendiri, sekaligus menjadi prasyarat dasar bagi pengembangan ekonomi masyarakat, baik yang berbasis ekonomi kerakyatan maupun sektor-sektor ekonomi modern. Capaian bersama Kalimantan Tengah ini tentu saja baru sebuah awal, namun telah membangkitkan optimisme bersama bahwa apa yang nampaknya sangat berat dan tidak mungkin dilakukan, ternyata mampu kita hadirkan bersama di Kalimantan Tengah dengan semangat Isen Mulang dan prinsip kebersamaan Huma Betang.

Untuk itu dalam kesempatan yang khidmat dan bersejarah ini saya mengajak kita semua untuk merenungkan kembali makna Pengorbanan jiwa dan raga serta tetesan air mata dan darah yang telah diberikan para pahlawan kesuma bangsa sebagai bukti kesadaran perjuangan bangsa dalam rangka mewujudkan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah untuk mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera dengan semangat persatuan dan kedaulatan bangsa.

Mencapai masyarakat adil, makmur dan sejahtera tersebut tentunya harus kita sadari dan pahami secara nyata melalui pelaksanaan pembangunan yang berkeadilan, merata serta berwawasan lingkungan sebagai wujud kesadaran akan pentingnya bumi beserta segala sumber dayanya secara khusus Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Provinsi Kalimantan Tengah sebagai titipan Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus dikuasai, dijaga dan dikelola secara arif dan bijaksana demi keberlangsungan hidup kita dimasa sekarang dan yang akan datang.

Provinsi Kalimantan Tengah memiliki kekayaan potensi sumber daya alam yang sangat melimpah dan hal ini merupakan sebuah anugerah dan sekaligus tanggung jawab yang harus dipikul dan diusahakan secara arif dan bijaksana terlebih diera otonomi daerah saat ini. Karena harus kita pahami dan sadari bahwa potensi sumber daya alam merupakan peluang dan sekaligus tantangan yang harus dapat dikelola dengan baik dan bijak agar menjadi kemakmuran bagi masyarakat dengan tetap menjaga keseimbangan dalam pemanfaatannya dengan baik. Oleh sebab itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keseimbangan antara kualitas Imtaq dan Iptek. Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional merupakan prioritas penting dalam upaya mempercepat pembangunan di Kalimantan Tengah yang lebih efektif dan efisien. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB