Rabu, 29 Agustus 2012

STAIN Bakal Jadi IAIN


G.OBOS, FATTALA - Sesuatu yang didambakan dan ditunggu-tunggu oleh para civitas akademika, mahasiswa dan para dosen serta kebanggaan bagi para alumnus STAIN Palangka raya. Setelah beberapa tahun memperjuangkan alih status, kali ini STAIN berpeluang besar menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Pasalnya pada tanggal 3 September 2012 mendatang, Dr. Ibnu Elmi AS Pelu selaku ketua STAIN, mendapat panggilan untuk presentasi persiapan alih status STAIN menjadi IAIN yang diundang oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI di Jakarta.

“STAIN Palangka Raya mempunyai peluang besar untuk melakukan alih status ke IAIN selain berada di Ibukota Provinsi yang menjadi perioritas pengembangan oleh Kementerian Agama juga dilihat dari sarana prasarananya yang sangat siap.” Demikian dikatakan oleh Dr. Ibnu Elmi AS Pelu, MH, kemarin (28/8).

Kita sudah membentuk tim paparan yang akan meyusun materi presentasi dan sudah siap untuk memberikan paparan berkenaan dengan alih status, data yang berkenaan dengan persiapan menjadi IAIN terutama yang berkenaan dengan aspek pengembangan kelembagaan juga siap,” tegas Ibnu Elmi.

Memang diakuinya, ada beberapa aspek penilaian yang memerlukan kerja keras semua pihak untuk menyukseskannya seperti jumlah kepangkatan akademik guru besar, lektor kepala dan lainnya. Kemudian yang berkenaan dengan kesiapan sumberdaya manusia baik menyangkut rasio dosen perprogram studi dan kualifikasi dosen serta kesiapan tenaga kependidikan lainnya.

“Kalau mau jujur STAIN memang masih belum mencukupi untuk sumberdaya manusia, tapi kita akan upayakan setahun kedepan semuanya bisa tercukupi, mengingat tahun 2012 ini saja sudah ada beberapa orang yang siap ujian promosi doktornya, di berbagai perguruan tinggi yang ada di dalam negeri”, ujarnya.

Sementara itu, setelah selesai paparan di Jakarta, STAIN Palangka Raya akan langsung membentuk Tim Alih Status, untuk melanjutkan pekerjaan yang Tim Presentasi ini kerjakan, sehingga terus berkelanjutan, sehingga target alih status bisa tercapai dengan baik.

Masyarakat Kalimantan Tengah yakin sangat mendukung dengan alih status ini, bahkan kata Ibnu Elmi ormas-ormas Islam baik Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan ormas lainnya serta MUI provinsi Kalimantan Tengah secara tegas siap memberikan dukungan terhadap rencana alih status STAIN jadi IAIN.

Sementara itu, Drs. H. Abu Bakar, M.Ag, PK-I STAIN Palangka Raya menuturkan perubahan alih status STAIN menjadi IAIN diharapkan mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun dukungan dari semua unsur. “Jadi semua pihak, mahasiswa, dosen, alumni dan masyarakat Kalteng, Insya Allah dalam waktu dekat kita akan meminta dukungan dari Gubernur Kalteng dan Walikota Palangka raya dalam rangka alih status ini,” jelas Abu. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB