Minggu, 05 Agustus 2012

Mendikbud Bakal Hadiri Peringatan HAI di Palangka Raya


D.I PANJAITAN, FATTALA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhammad Nuh, dijadwalkan akan menghadiri peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Nasional ke-47  yang dilaksanakan pada 13-15 September 2012, di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah.

Kepastian Mendikbud hadir di Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila, saat Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Guntur Talajan, SH. M.Pd bertemu langsung dengan Mendikbud di Kantor Kementerian Dikbud di Jakarta, Jumat (3/8).

Guntur melaporkan, kesiapan Kalteng menjadi tuan rumah peringatan HAI Tingkat Nasional ke-47. Ada beberapa hal yang ditekankan Mendikbud dalam rangka kegiatan ini.

Nuh meminta agar kegiatan ini lebih semarak, dengan melibatkan sejumlah media massa. Sehingga kegiatan ini dapat diketahui oleh masyarakat luas.

“Untuk Kalimantan Tengah, kegiatan ini dapat dijadikan sarana untuk lebih mempromosikan  daerah melalui potensi alam dan produk unggulan daerah. Kerajinan rakyat juga dapat mengambil peran. Sehingga masyarakat seluruh Indonesia dapat lebih mengetahui potensi Kalimantan Tengah, jelas lelaki yang murah senyum ini.

Nuh juga menekankan tentang ekspos dunia pendidikan di daerah perbatasan. Mereka yang tinggal disana juga memiliki hak yang sama dalam pendidikan. “Kami berharap peringatan Hari Aksa Internasional ini dapat memberikan manfaat yang luas biasa bagi masyarakat. Kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi semua pihak dalam mensukseskan gerakan nasional percepatan pemberantasan buta aksara, tambah Nuh.

Guntur menambahkan, tema kegiatan ini secara nasional “Aksara Membangun Perdamaian dan Karakter Bangsa”. Sedangkan tema untuk daerah “Melalui Peringatan Hari Aksara Internasional ke-47, Kita Tingkatkan Nilai Ke-Indonesiaan yang Berbudaya Damai dan Berkarakter.

Menurutnya, acara puncak kegiatan  di Hotel Swis Bell Danum Jalan Tjilik Riwut Km 5 Palangka Raya yang recananya dihadiri tiga ribu orang. Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan diantaranya, lomba, Pameran, dan Pemberian Anugrah Aksara. 

Usai pertemuan, Kadisdik memberikan cindera mata berupa tas dari rotan dan lampit. Mendikbud yang saat itu didamping beberapa Dirjen menyambut gembira. Lebih-lebih setelah mengetahui rotan sudah banyak dijadikan meja dan kursi di sekolah-sekolah.

Mendikbud berpesan agar kerajinan dari daerah, seperti rotan ini terus dikembangkan melalui sekolah-sekolah yang ada di Kalimantan Tengah. Dari catatan, angka buta aksara di Kalteng tahun 2012 cukup menggembirakan, sekitar 35.526 orang atau   2,5 persen usia 15-59 tahun.

Dimana secara nasional  posisi Kalteng berada pada urutan  ketujuh terbaik, sudah jauh di atas rata-rata nasional yang berkisar 5,03 persen (sumber Kemdikbud 2012). Atas keberhasilan ini, maka Kalteng ditetapkan sebagai tuan tumah peringatan HAI Tingkat Nasional ke-47 tahun 2012. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB