Kamis, 02 Agustus 2012

Diran Minta Pengeras Suara Diatur


YOS SUDARSO, FATTALA – Masyarakat muslim saat menjalankan sunnah di malam bulan ramadhan, hendaknya bisa mengatur penggunaan pengeras suara luar saat mengadakan tadarus al-Qur’an di atas jam 21.00 WIB. Hal itu dalam rangka menjalin ukhuwah Insaniyah, saling menghormati kepada orang lain yang sedang istirahat agar tidak terganggu.

Demikian dikatakan H. Ahmad Diran, saat mengadakan buka puasa bersama di rumah jabatan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah jalan Thamrin, Rabu kemarin (25/7).

Ada tiga aspek yang perlu diperhatikan di bulan ramadhan ini. jelas Diran, pertama, perlu ditingkatkan ukhuwah Islamiyah (menjalin hubungan baik dengan sesama umat Islam) baik melalui ceramah agama, buka puasa bersama, memberi bantuan kepada pakir miskin, memperhatikan saudaranya dan membantu keperluan anak yatim serta memperbanyak amal ibadah yang dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Kedua, lanjut Diran, perlu juga diperhatikan ukhuwah Insaniyah, dimana kita hidup berdampingan dengan saudara-saudara kita lain yang non muslim. Jadi, perlu saling hormat-menghormati.

“Salah satu bentuk adanya rasa toleransi tersebut, maka perlu diperhatikan di saat malam bulan ramadhan ketika tadarus al-Qur’an di atas jam 21.00 WIB tidak menggunakan pengeras suara luar, karena saudara-saudara kita yang lain juga perlu istirahat,” jelas Diran sembari mengatakan hal tersebut juga sudah dihimbau oleh ketua MUI kota Palangka Raya.

Sementara yang ketiga, tambah Diran, perlu menjalin hubungan baik dengan pemerintah (ukhuwah Watoniyah).

Masyarakat butuh pemerintah dan pemerintah perlu masyarakat. Adanya saling unsur kepentingan ini, maka perlu saling menghormati dan menghargai. Pemerintah berkewajiban mengayomi dan melayani masyarakat.

Masyarakat berkewajiban mentaati aturan-aturan dibuat pemerintah yang hal itu untuk kepentingan orang banyak, tuturnya.

Jadi, ada tiga hal yang harus diperhatikan dan dimaknai di bulan ramadhan ini, pesan Diran, Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Insaniyah dan Ukhuwah Watoniyah (menjalin hubungan baik dengan pemerintah), simpul Diran pada acara buka puasa bersama tersebut. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB