Rabu, 22 Agustus 2012

Liburan Sekolah, Anak Manfaatkan Sarana Bermain


TJILIK RIWUT, FATTALA – Mengisi hari libur sekolah tidak hanya tempat wisata ataupun pusat perbelanjaan yang menjadi sasaran liburan. Game centre atau pusat permainan pun menjadi sasaran anak usia sekolah menghabiskan waktu mereka. 

Seperti yang terlihat di beberapa tempat permainan game centre di Palangka Raya, yang biasanya anak sekolah hanya banyak mengunjungi setelah jam pulang sekolah, saat ini hampir sepanjang waktu ada anak usia sekolah. Bahkan, dari total pengunjung didominasi oleh anak usia sekolah. 

Pantauan fattala di lapangan, menemukan memang banyak anak usia sekolah yang menghabiskan waktu bermain game. Permainan yang dimainkan pun bervariasi, ada yang bermain game dansa hingga petualangan. Para anak usia sekolah tampak menikmati hingga tidak bisa lepas dari layar komputer.

Menurut Hj.Hamdanah, dosen psikologis anak di salah satu perguruan tinggi di Palangka Raya mengatakan liburan sangat penting bagi anak-anak. Apalagi anak-anak zaman sekarang yang memiliki lebih segudang aktivitas. Anak sekolah dari pagi sampai siang, dilanjutkan bimbingan belajar, bahkan masih ada kegiatan lain dan baru pulang ke rumah malam hari.

Liburan akan menjadi hal menyenangkan yang ditunggu-tunggu oleh anak,” katanya. Menurutnya, anak merasa bebas pada saat liburan. Mereka tidak lagi memikirkan tugas sekolah dan bebas dari les atau bimbingan belajar.

Hal penting yang harus dipertimbangkan orang tua adalah mau diajak ke mana anak-anak berlibur? “Orang tua perlu menunjukkan sikap demokratis kepada anak dalam hal penentuan tempatliburan. Anak-anak perlu diberi kebebasan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Jangan malah diminita untuk mengikuti kegiatan yang sebenarnya tidak disukai anak,” jelas Hamdanah.

Inti dari liburan adalah kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak perlu diberi kebebasan untuk melakukan aktivitas yang meyenangkan. Jangan malah diminta untuk mengikuti kegiatan yang sebenarnya tidak disukai anak. “Jangan sampai anak justru merasa tidak nyaman dan liburan pun jadi tidak menyenangkan,” ujarnya. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB