Kamis, 18 Oktober 2012

Wapres Disuguhi Hatangku Hakangkalu


TEMANGGUNG TILUNG, FATTALA –Tarian Hatangku Hakangkalu yang merupakan tarian asal suku Dayak di Kalimantan Tengah (Kalteng) sukses tampil dihadapan Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Boediono pada Peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Nasional bertempat di arena kegiatan pameran Temanggung Tilung, Kamis (18/10)

Tarian kolosal yang melibatkan para pemuda dan pemudi Dayak yang berjumlah 130 personil itu, menggambarkan dan merefleksikan nilai-nilai kebersamaan, kesepakatan, keceriaan masyarakat suku dayak di Kalimantan Tengah dalam menyambut pesta panen raya dalam mendukung dan mencapai ketahanan pangan.

Semarak tepuk tangan dari ribuan peserta, nampak menggaung di arena kegiatan puncak acara peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat nasional tersebut. Tak elaknya Wapres Boediono, beserta para Menteri yang mendampingi juga ikut bertepuk tangan dan tersenyum kagum saat tarian Hatangku Hakangkalu ditampilkan.

Tarian Hatangku Hakangkalu yang tampil di hadapan ribuan peserta pada puncak acara Peringatan Hari Pangan Sedunia itu, merupakan binaan dari Dewan Kesenian Daerah Propinsi Kalimantan Tengah. Dibawah pimpinan ide narasi M. Anwar, MH.

Tarian ini juga bersifat kegembiraan dimana refleksi gerak dan rasa syukur itu diaktualisasikan dalam perilaku budaya ritual dalam berbagai bentuk, termasuk tarian gelang dibawakan oleh penari pria dan wanita yang kontemporer dengan bentuk pengembangan atau modifikasi musik dan gerak para penari, tetapi tetap menggambarkan dasar seni gerak tradisional. Muy

2 komentar:

 

©2009 FATTALA online | by TNB