Kamis, 18 Oktober 2012

Teras ‘Ngamuk’, Wapres Datang


TEMANGGUNG TILUNG – Setelah mendengar kepastian batalnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) maupun Wapres Boediono menghadiri Hari Pangan se-dunia (HPS) tingkat nasional di Palangka Raya, Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang menggelar jumpa pers.
Dalam pertemuan dengan para wartawan, Selasa (16/10) itu, Teras Narang ‘ngamuk’ dengan menyampaikan rasa kekecewaannya yang sangat dalam, bahkan sampai mengeluarkan pernyataan bahwa kegiatan HPS tersebut menelan biaya sangat besar hingga mencapai Rp11 miliar.
Ke depan, Kata Teras, Pemrov Kalteng akan mengevaluasi kegiatan yang ditawarkan oleh pusat.  “Buat  apa buang-buang anggaran besar kalau tidak dimanfaatkan oleh pemerintah pusat dengan baik,  lebih baik membangun infrastruktur di daerah pelosok di Kalteng,” tukas Teras Narang.
Kekecewaan Gubernur Kalteng Teras Narang atas batalnya Presiden SBY dan Wapres Budiono datang ke Palangka Raya menghadiri kegiatan HPS tersebut, diberitakan semua media yang terbit di Kalteng dan beberapa media yang terbit di Jakarta, termasuk juga media elektronik.
Alhasil, sekitar pukul 14.00 WIB, Rabu (17/10), diperoleh informasi dari Jakarta bahwa Wapres Budiono dijadwalkan akan datang menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia yang dipusatkan di kawasan arena pameran Temanggung Tilung Palangka Raya. Sekitar pukul 16.00 WIB, Kemarin sore, pesawat Hercules yang membawa pasukan pengaman presiden (Paspamres), mendarat di bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.
Dari pantauan FATTALA, tadi malam, panitia peringatan Hari Pangan Sedunia terus melakukan persiapan tahap akhir  serta dilakukan rapat-rapat yang dipimpin Ketua Panitia Daerah Sekda Kalteng  Siun Jarias, dihadiri oleh Danrem 102/Pjg Kolonel CZI Irwan, Kapolda Brigjen Pol H.Bachtiar Hasanudin Tambunan dan beberapa pihak terkait lainnya.

TERKESAN MENDADAK

Mengingat kepastian batalnya kedatangan Presiden SBY dan Wapres Budiono serta didelegasikan kepada Menko Perekonomian Hatta Radjasa sudah diinformasikan dua hari sebelumnya, maka sempat menimbulkan kekecewaan yang sangat mendalam bagi Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang serta masyarakat Kalteng pada umumnya.
Sehingga, informasi bahwa Wapres Budiono akhirnya bakal datang juga, terkesan mendadak akibatnya persiapan tahap akhir baru digenjot, tadi malam, dan harus selesai dalam satu malam.
Kegiatan persiapan yang harus selesai dalam satu malam itu, seperti persiapan panggung utama, tenda pengunjung, penataan lampu dan lain sebagainya yang kesemuanya dilakukan dengan sistem kebut semalam.
Dari hasil pantauan FATTALA hingga pukul 21.00 WIB, tadi malam, tidak hanya dari segi persiapan saja yang mulai dilakukan, namun juga dari segi keamanan, dimana dalam pengamanan acara pembukaan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia tersebut melibatkan TNI, Polri, dan Satpol PP, yang mulai melakukan pengamanan di area pelaksanaan kegiatan tersebut.
Selain melakuan pengamanan, petugas keamanan yang menjaga lokasi tersebut juga melakukan penertiban terhadap para pedagang-pedagang pinggiran yang mangkal di dekat lokasi pelaksanaan kegiatan seperti para penjual bakso  dan pedagang makanan yang menggunakan gerobak dorong.
Selain pihak pelaksana yang harus melakukan persiapan dengan cara kebut semalam, stand-stand pameran yang dibuka dalam pelaksanaan acara ini pun harus bekerja keras, karena di lokasi stand-stand pameran, masih ada beberapa stand yang belum selesai mempersiapkan lokasinya dan hal itu dilaksanakan penyelesaiannya harus tadi malam.
Meski pelaksanaan kegiatan baru akan dibuka pada hari ini (18/10), namun dari pantauan FATTALA di lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut, sudah cukup banyak pengunjung datang ke stand-stand pameran untuk melihat-lihat bahkan membeli beberapa barang dan cinderamata yang mulai dijajakan di lokasi tersebut.
Sementara itu, Danrem 102/Pjg Kolonel CZI Irwan mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, kemarin sore, Wapres Budiono akan menghadiri peringatan HPS, namun tidak didampingi istri.
“Berdasarkan informasi yang saya dapat tadi sore dan rapat malam ini (pukul 20.00 WIB tadi malam, Red) dari Paspampres dan Protokol Kepresidenan bahwa Wakil Presiden RI, Budiono bakal menghadiri pada acara Peringatan Hari Pangan Sedunia. Namun, tidak didampingi Istri. Untuk pengamanan tetap sesuai rencana awal standar  VVIP,” ujar Danrem Irwan kepada FATTALA seusai rapat persiapan akhir di lokasi kegiatan, tadi malam.
Kedatangan Wapres dan rombongan direncanakan pukul 07.00 WIB tiba di Bandara Tjilik Riwut dan akan kembali ke Jakarta pukul 11.00 WIB.
Hasil rapat, Beberapa jadwal yang sudah disusun ada pemangkasan menyesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan Protokol Kepresidenan. Untuk pengamanan di lokasi kegiatan mulai jam 02.00 WIB dinihari tadi, sudah dilakukan sterilisasi oleh pihak keamanan

480 POLISI DITURUNKAN

Sebanyak 480 personil Polri gabungan dari Polda dan Polres Palangka Raya diturunkan untuk mengamankan kegiatan puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke- 32 tahun 2012 yang dihadiri oleh pejabat Negara.
Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu mengatakan, sesuai dengan surat perintah pihaknya siap menurunkan 480 personil untuk mengamankan puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang ke- 32 pada hari ini di Komplek pameran Temanngung Tilung Palangka Raya.
Jumlah personil tersebut gabungan dari Polda dan Polres Palangka Raya serta pengamanan tertutup yang menggunakan pakaian preman, di samping itu pengamanan juga melibatkan TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja termasuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).
“Pengamanan akan kita bagi dalam tiga titik yang pertama di bandara, kemudian di rute dalam perjalanan dan di tempat objek kegiatan,” ucap Pambudi.  muy/udi/jul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB