Selasa, 30 Oktober 2012

HMJ Tarbiyah Gelar Seminar Pendidikan


Tingkatkan Profesionalitas Calon Pendidik
 
G.OBOS, FATTALA –
Organisasi Internal Kampus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarbiyah STAIN Palangka Raya menggelar seminar pendidikan dengan mengasung tema peningkatan profesionalitas guru dan strategi metode pendidikan di era globalisasi bertempat di aula baru, kemarin (23/10).
 
Akhir-akhir ini aktivitas pendidik atau guru sudah mulai memprihatinkan serta tidak mencerminkan profesionalismenya sebagai abdi masyarakat. Terbukti beberapa kasus yang terjadi adanya protes segolongan guru yang tidak ingin dipindahkan (mutasi) dalam tugasnya. Padahal sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) mereka sudah mengangkat janji dan sumpah untuk siap ditempatkan dimanapun.
 
Namun, sebagian dari mereka tidak menerima perpindahan itu dan mencoba melakukan aksi yang tidak mencerminkan sebagai seorang pendidik yang memberikan tauladan bagi peserta didiknya dan tidak menumbuhkan sikap profesionalitas dalam pendidikan.
 
Terkait dengan hal tersebut, HMJ Tarbiyah sebagai wadah berhimpunnya calon pendidik menggagas hal tersebut untuk memberikan gambaran dan pemahaman untuk siap dengan segala keadaan dan mampu memberikan yang terbaik untuk pengabdiannya kepada masyarakat guna mencerdaskan anak bangsa.
 
Demikian dikatakan Mardiana selaku ketua HMJ Tarbiyah saat memberikan sambutannya pada pembukaan seminar pendidikan yang dihadiri ratusan peserta dari mahasiswa jurusan Tarbiyah.
 
Terkait dengan kegiatan seminar profesionalitas guru tersebut, ketua STAIN Palangka Raya, DR. Ibnu Elmi AS Pelu, MH mengatakan membangkitkan profesionalisme guru dalam mengajar berarti ada kaitannya dengan tuntutan bahwa mereka sudah mengerti bahwa dunia kerja menuntut tenaga-tenaga yang ahli dan profesional.
 
“Kegiatan ini sangat saya respon dengan baik, untuk memberikan masukan-masukan terbaru untuk dunia pendidikan dan memberikan bekal kepada mahasiswa sebagai calon pendidik untuk lebih kreatif dalam melaksanakan tugasnya nanti ketika di lapangan dalam mengajar.
 
Ibnu berharap ke depannya volume dan sasaran kegiatan seminar seperti yang digagas oleh HMJ Tarbiyah itu semakin ditingkatkan tidak hanya melibatkan mahasiswa internal kampus, melainkan juga mahasiswa lain di luar kampus yang mempunyai profesi sama dalam bidang kependidikan dan keguruan.
 
Sementara itu, Jamil selaku ketua Dewan Mahasiwa (Dema) mengatakan, kegiatan semintar pendidikan yang dilakukan tersebut merupakan seminar pertama yang diselenggarakan oleh jurusan Tarbiyah dan sudah mendapat respon yang positif dari mahasiswa jurusan Tarbiyah.
 
Dengan seminar ini diharapkan mampu membentuk profesional guru yang siap ditempatkan dimanapun saat dia mengajar, yang penting itu adalah pengabdian untuk masyarakat.
“Peran jurusan tarbiyah sangat mendapat apresiasi di masyarakat terutama pada kegiatan KKN dan praktek mengajar lapangan, mereka mampu memberikan nilai positif di sekolah dan sangat dihargai, saya rasa jurusan Tarbiyah masih yang menjadi terunggul di kampus StAIN Palangka Raya ini,” katanya.
 
Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan seminar itu, Dr. Tutut Sholelah, M.Pd selaku pakar pendidikan yang sukses membangun pendidikan terpadu di Palangka Raya dan Dr. Kusniadi Indrijaya, M.Si. Kegiatan berlangsung meriah dengan pola diskusi yang mengajak calon pendidik menguasai berbagai metode yang patut dikuasai dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB