Senin, 15 Oktober 2012

70 Pelajar Ikuti Olimpiade Biologi


G.OBOS, FATTALA – Sebanyak 70 peserta dari berbagai perwakilan sekolah tingkat SMA/MA se-Kota Palangka Raya, mengikuti olimpiade Biologi yang diselenggarakan oleh Program Studi Biologi STAIN Palangka Raya, Sabtu (13/10).

Acara yang dibuka, ketua STAIN Palangka Raya, DR. Ibnu Elmi AS Pelu, MH sejak pukul 08.00 WIB tersebut berlangsung semarak. Adanya saling adu ketangkasan dan keahlian di bidang sains, khususnya Biologi dari perwakilan 15 sekolah yang berkompetisi.

Olimpiade Biologi tahun ini, memang sedikit berbeda dengan olimpiade tahun-tahun sebelumnya yang pernah kita lakukan. Disini kita akan lakukan dua tahap perlombaan. Pertama, kita akan lakukan tahap penjaringan.

“Peserta diminta untuk menjawab beberapa soal essay yang sudah disiapkan panitia, kedua, kita akan lakukan praktek langsung ke laboratorium biologi untuk menguji pengetahuan mereka pada praktek biologi,” ucap Jumrodah, ketua panitia pelaksana.

Lanjutnya, tujuan dilaksanakan Olimpiade Biologi tingkat se kota Palangka Raya ini, untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains. Sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan dibidang ilmu Biologi, pembentukan sikap/karakter siswa yang mempunyai kehidupan dengan rasa aman, jujur, disiplin, sportivitas, penuh kreatifitas, serta rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antar sesama siswa dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Selain itu, tambah Jumrodah, tujuan yang tidak kalah pentingnya adalah untuk promosi dan publikasi program studi Biologi yang ada di STAIN Palangka Raya kepada para siswa yang ingin melanjutkan studinya pada bidang Biologi.”

Sementara itu, DR. Ibnu Elmi AS Pelu menjanjikan kepada para peserta olimpiade biologi untuk memberikan hadiah tambahan kepada para juara I, II dan III.

“Untuk memotivasi para peserta, saya secara pribadi akan memberikan hadiah tambahan berupa uang pembinaan sebesar Rp1.250.000 untuk juara I, Rp1juta untuk juara II dan Rp750ribu untuk juara III,” kata Ibnu.

Ibnu menjelaskan, kampus STAIN tidak hanya semata-mata menelurkan calon-calon guru dalam bidang agama Islam, melainkan juga mencetak calon-calon guru dalam bidang sain dan teknologi yang salah satunya adalah Program Studi Biologi. Ini membuktikan, bahwa adanya integritas antara agama dan ilmu pengetahuan. 

“Hal ini juga yang pernah dilakukan ilmuwan-ilmuwan Islam pada zaman dulu. Mereka berhasil dalam mengembangkan ilmu-ilmu sains yang juga berhasil membekali diri mereka dengan pengetahuan agama, dengan tujuan agar apa yang mereka ciptakan tidak mencelakakan bagi orang lain dan hanya semata untuk kemajuan peradaban modern,” katanya.

Dirinya berharap dengan olimpiade Sain dan teknologi, khususnya pada bidang biologi akan tumbuh generasi-generasi muda yang mampu menuangkan ide-ide dan keilmuannya untuk kemajuan dan kesejahteraan peradaban manusia di masa yang akan datang yang lebih baik. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB