Jumat, 12 Oktober 2012

TNI Kerahkan Prajurit Membangun Desa


PUNDU, FATTALA - TNI AD mengerahkan ribuan prajurit untuk membangun desa. Pembangunan desa ini merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-89 yang akan berlangsung pada 10 - 30 Oktober 2012 dengan mengerahkan 61 satuan setingkat kompi (SSK) prajurit di 78 kecamatan dalam 61 kabupaten/kota di Indonesia

Hal ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo  dalam amanatnya yang dibacakan Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Ridwan, saat membuka kegiatan TMMD ke-89 lingkungan Korem 102 Panju Panjung yang dipusatkan di Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (10/10).

“Para prajurit akan membangun dan merehabilitasi jalan sepanjang 136.442 meter dan membangun 57 jembatan. Selain itu, program yang dulu dikenal sebagai ABRI Masuk Desa ini juga akan merehabilitas 10 sekolah dan 37 unit rumah ibadah serta 133 unit rumah tidak layak huni. Ada juga tujuan nonfisik dari program ini, seperti meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara dan kesadaran bela negara di masyarakat," kata Pangdam.

Ia menegaskan, pemilihan sasaran TMMD adalah yang dinilai langsung menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat di daerah, sehingga dari waktu ke waktu roda perekonomian daerah semakin membaik. “Hasil yang dicapai dalam kegiatan TMMD ini harus dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, melalui pembangunan secara terpadu, khususnya pembangunan sarana dan prasarana maupun fasilitas umum yang dapat memacu berputarnya roda perekonomian penduduk,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Pangdam, keberhasilan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) sangat ditentukan oleh kerjasama yang erat dari semua instansi terkait serta partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat.

Oleh karena itu tolak ukur keberhasilan kegiatan ini tidak hanya dilihat dari pelaksanaan programnya tetapi juga dilihat sejauh mana partisipasi dari keikut sertaan warga masyarakat dalam setiap kegiatan. “Karena kegiatan TMMD ini diselenggarakan selain untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan juga menumbuhkan budaya gotong royong masyarakat dalam membangun daerahnya,” imbuh dia.

Upacara pembukaan TMMD ke-89 ditandai dengan penyerahan peralatan kepada perwakilan TNI dan masyarakat untuk digunakan dalam pelaksanaan kegiatan.muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB