Selasa, 30 Oktober 2012

MPLIK Tidak Didukung Dana Operasional


TJILIK TIWUT, FATTALA – Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang merupakan garapan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Telkom, terkesan dibiarkan begitu saja dan tidak didukung dengan dana operasional.

Padahal MPLIK sangat bermanfaat bagi masyarakat, MPLIK merupakan salah satu upaya pemerintah mengatasi kesenjangan digital di daerah pelosok yang tidak terjangkau akses internet. Bertujuan mempercepat pemerataan akses telekomunikasi dan informasi untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan dan tidak layak secara ekonomi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Propinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Hatta, Senin (29/10) mengatakan tidak berjalannya MPLIK dengan baik dan lancar, disebabkan oleh belum adanya kesiapan dari PT. WEB (Wira Eka Bakti) sebagai penanggung jawab dan mengelola biaya operasional yang dipercayakan oleh Telkom.

“Sebenarnya, tertanggal 1 Juli 2012 lalu, MPLIK ini sudah operasional. Namun karena belum adanya realisasi dana dari PT. WEB, sampai sekarang masih belum beroperasi baik di kota maupun di kabupaten-kabupaten se Kalteng,” katanya.

Tambah Hatta, “janjinya dari PT. WEB akhir bulan ini (Oktober, red) sudah bisa beroperasi semua. Biaya operasional seperti sopir, BBM dan operator komputer termasuk biaya lainnya dilakukan oleh PT. WEB selama 4 tahun, untuk jatah pemakaian pelayanan internet MPLIK ini selama empat jam pemakaian, lebih dari itu diluar tanggung jawab PT. WEB,” katanya.  

“Kita berharap MPLIK ini, secepatnya beroperasi dan saya meminta kepada PT. WEB untuk segera merealisasikan dana yang sudah disepakati dalam perjanjian untuk dana operasional di lapangan, karena ini sudah berjalan beberapa bulan tidak ada realisasiknya,” ujar M. Hatta.

Lanjutnya, pihaknya selaku pemerintah daerah akan kembali mengadakan pengecekan kembali, apabila tanggal 1 Nopember mendatang masih belum ada realisasinya terhadap dana yang sudah disepakati oleh PT. WEB sebagai penanggung jawab. Maka, kita akan laporkan kepada Kemenkominfo akan hal itu,” katanya.

Tentu harapan kita semua adalah tercapainya pemerataan penyediaan internet bagi seluruh masyarakat, khususnya di Kalimantan Tengah. Semoga semua masyarakat diseluruh pelosok dapat merasakan manfaat yang tentunya positif dari proyek MPLIK ini. muy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB