Selasa, 30 Oktober 2012

Menyiapkan Kader Dai Muda Yang Handal


G.OBOS, FATTALA - Dalam rangka menyemarakkan peringatan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2012, Jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya menggelar kegiatan lomba ceramah tingkat SLTA dan Mahasiswa se-kota Palangka Raya dengan tema Peran Pemuda Mewujudkan Generasi Islami Dalam Bingkai Nkri di aula perpustakaan lama, Selasa (30/10).

Kegiatan lomba yang dibuka Pembantu Ketua III STAIN Palangka Raya Dra. Hj. Hamdanah, M.Ag itu dilaksanakan dengan dua kategori, tingkat pelajar dan tingkat mahasiswa. Sebanyak 20 peserta tingkat pelajar dan 15 peserta tingkat mahasiswa yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Ketua panitia Drs. H. Jirhanuddin, M.Ag dalam sambutannya, mengatakan kegiatan lomba ceramah sengaja digagas untuk memantik perhatian dan kecintaan pelajar dan mahasiswa terhadap Agama Islam. Selain itu, diharapkan membentuk karakter positif dan meningkatkan pengetahuan keagamaan.

Pelajar dan mahasiswa merupakan pemuda yang menjadi generasi penerus pembangunan bangsa dalam membentuk karakter yang berbudi dan berakhlak mulia. “Kalau tidak dari sekarang membentuk karakter yang baik, mau dibawa kemana pembangunan bangsa ke depannya. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dalam mempersiapkan kader-kader pemuda yang handal dalam bidang publik speaking yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia,” jelas Jirhan.

Tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini tentunya untuk memotivasi pelajar dan mahasiswa agar mampu meningkatkan skill dan kemampuannya dalam bidang ceramah atau publik speaking.

Pengkaderan kaum muda Islam untuk persiapan menghadapi tantangan jaman mendatang. Selain itu, kata Jirhan kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mensosialisasikan jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya yang lulusannya menyiapkan kader-kader pilihan dalam pengembangan dakwah dan penyiaran komunikasi Islam.

Seperti diketahui, ucap Jirhan, Jurusan Dakwah tidak hanya dipersiapkan untuk menjadi penceramah di majelis-majelis dakwah dan dihadapan banyak orang saja. Tetapi jurusan dakwah juga mempersiapkan calon-calon sarjana yang bisa menjadi seorang jurnalis, penyuluh, penghulu, menyiar, wartawan dan jabatan-jabatan sosial lainnya.

“Kita berharap melalui kegiatan lomba ceramah tingkat se-kota Palangka Raya ini akan muncul kader-kader yang handal dalam rangka peningkatan pengembangan dakwah Islami yang rahmatan lil alamin dan kegiatan ini diharapkan juga tidak hanya bersifat seremonial belaka,” harap Jirhan.

Ahmad Faris Jawara Dai Muda Palangka Raya
Dalam kegiatan lomba yang digelar oleh jurusan Dakwah STAIN Palangka Raya selama satu hari penuh itu, berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari Ajahari, M.Ag, Harles Anwar, M.Si dan Rahmaniar, M.Si terpilih beberapa pemenang lomba tingkat SLTA.
Juara I diduduki oleh Ahmad Faris Mudzakki yang berasal dari MA Hidayatul Insan, Juara II oleh Abdul Manan perwakilan dari MA Darul Ulum dan Juara III Noriani dari MA Muslimat NU Palangka Raya. Sementara untuk Juara IV Saffitri Anggreani Puspa dan Juara V Viki Dwi Randa yang sama-sama perwakilan dari SMA 2 Palangka Raya.

Selain itu, pada kegiatan lomba ceramah tingkat mahasiswa, pemenang pertama lomba tingkat mahasiswa yaitu Juara I oleh Haryanto, Juara II oleh Sarpani, Juara III oleh Hadi Purwanto dan Juara IV oleh Ahmad Soleh. Muy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB