Jumat, 12 Oktober 2012

TMMD Bangun Jembatan Sepanjang 426 Meter


RINDANG BANUA, FATTALA - Operasi TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Imbangan ke-89 tahun 2012, resmi dibuka oleh Kasrem 102/Pjg Letkol Inf. Wasono dalam upacara pembukaannya bertempat di pelabuhan Rambang, Rabu (10/10).

Program kegiatan Karya Bhakti TNI itu, menargetkan pembuatan jembatan titian kayu ulin sepanjang 426 meter di jalan Rindang Banua Ujung RT.7/RW.26 Kelurahan Pahandut kota Palangka Raya.

Amanat Kasad. TNI AD Jenderal Pramono Edhie Wibowo yang disampaikan Kasrem 102/Pjg Letkol Inf. Wasono mengatakan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Imbangan ke-89 tahun 2012 ini dilaksanakan secara bersamaan oleh TNI di seluruh Indonesia yaitu mulai tanggal 10 Oktober 2012.

“TMMD merupakan Bhakti TNI yaitu program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen, dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya dengan tujuan melalui program ini agar dapat ditingkatkan sinergitas kegiatan dan kerjasama antara TNI, Polri, Lembaga Kementerian/LPNK, Pemda dan segenap tokoh masyarakat untuk mewujudkan percepatan pembangunan menuju masyarakat yang damai dan sejahtera.” katanya.

Melalui, sambutan itu juga, ia berpesan kepada para prajurit di lapangan agar melaksanakan tugas mulia ini dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab. “Bekerjalah secara profesional dengan tetap memperhatikan kewaspadaan terutama yang berada di daerah rawan dan manfaatkan kegiatan TMMD untuk berinteraksi dengan masyarakat, guna memantapkan  Kemanunggalan TNI-Rakyat,” jelas Pramono.

Sementara itu, Kepala Satgas TMMD Imbangan, Letkol. Inf. Wahyu Marhaendro saat diwawancara FATTALA menyampaikan, kegiatan tersebut berlangsung selama 21 hari dimulai sejak tanggal 10 Oktober s/d 30 Oktober 2012 bertempat di jalan Rindang Banua Ujung RT.7/RW.26 Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut kota Palangka Raya.

Adapun sasaran kegiatan, menurut Letkol. Inf. Wahyu Marhaendro ada yang berupa fisik dan non fisik. “Untuk fisik Karya Bhakti TNI akan melakukan pembuatan jembatan titian kayu ulin panjang 426 meter, lebar 2 meter di jalan Rindang Banua Ujung RT.7/RW.26 Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut kota Palangka Raya.

Sedangkan untuk sasaran non fisik, pihaknya akan melakukan kegiatan pelayanan KB kesehatan secara gratis, penyuluhan bela negara, penyuluhan pertanian, peternakan dan perikanan serta penyuluhan Kamtibmas.

“Personil sendiri, selain dikerahkannya berasal dari 1 SSK Gabungan Kodim 1016/Palangka Raya, Korem 102/Pjg dan Balak Aju, juga melibatkan masyarakat. Dimana akan tumbuh kebersamaan dan saling tolong menolong dalam rangka membangun kesejahteraan masyarakat,” jelas Letkol. Inf. Wahyu Marhaendro yang menjabat sebagai Dandim 1016/Palangka Raya.

Menurutnya, beberapa penduduk yang sempat diwawancara FATTALA, menyampaikan rasa gembira karena tempat mereka dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan Karya Bhakti TNI melalui TMMD. Besar harapan mereka agar jembatan yang akan dibuat tersebut benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. “Didaerah kami di jalan Rindang Banua ini memang sangat membutuhkan sarana jalan seperti jembatan. Jembatan titian ini sangat penting bagi kami,” jelas Ridwan salah satu warga setempat. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB