Kamis, 18 Oktober 2012

Hindari Narkoba, Lakukan Aktivitas Positif


G.OBOS, FATTALA – Salah satu cara yang masih efektif dalam membentengi diri dari pengaruh narkoba dan gaya hidup yang menyimpang adalah dengan sebanyak mungkin melakukan aktivitas positif yang menumbuhkan semangat kreativitas, pola pikir yang cerdas serta mengembangkan bakat generasi muda.

Selain itu, upaya lainnya yang cukup efektif guna menghindarkan kaum muda dari pengaruh narkoba dan gaya hidup bebas dengan sosialisasi ataupun penyuluhan yang memadai guna memberikan dan menyampaikan informasi sebanyak-banyaknya tentang pengaruh dan penyalahgunaan narkoba dan gaya hidup bebas kepada masyarakat.

Demikian disampaikan, Walikota Palangka Raya, HM. Riban Satia saat memberikan sambutan dan membuka acara pada seminar dalam Momentum Hari Kesaktian Pancasila yang mengangkat tema Generasi Muda Pancasila Bebas Narkoba dan Seks di aula STAIN Palangka Raya, Senin (15/10).

“Saya atas nama Pemerintah kota Palangka Raya sangat menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Resimen Mahasiswa (MENWA) ini. Sebab kegiatan seperti ini sebagai bentuk upaya konkret dalam pembentukan dan pengembangan karakteristik dan kepribadian yang positif khususnya di kalangan generasi muda dalam menghadapi era globalisasi dan informasi,” ucap Riban.

Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, para peserta dapat menjadi pribadi yang jauh lebih baik dimasa-masa mendatang sehingga dapat memberi dan berbagai manfaat bagi banyak orang. Katanya.

Sementara itu, ketua STAIN, Ibnu AS Pelu mengatakan pemahaman tentang Pancasila di kalangan generasi muda, dinilai sudah kurang. Banyak anak muda yang tidak memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Kondisi itu sangat memprihatinkan. “Jika kondisi seperti itu terus dibiarkan, maka krisis pemahaman generasi muda terhadap nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila bakal semakin parah.”

Salah satu cara untuk mempertahankan nilai Pancasila adalah dengan menyiapkan generasi muda yang produktif, kreatif dan membangun. Namun permasalahan pemuda saat ini masih marak dan mengancam generasi anak muda di setiap saat adalah narkoba.

Mahasiswa atau generasi muda harus berkomitmen untuk bisa menolak beragam jenis narkoba yang ada. Diawali dengan tahu atau mengenal apa itu narkoba, bahayanya, pencegahannya, bahkan sanksi dan peran di lingkungan masyarakat. “Agar mereka bisa memerangi narkoba. Minimal mereka tahu bahaya narkoba, mampu menolaknya untuk diri sendiri, bahkan untuk menolong keluarga dan lingkungan sendiri,” ucapnya. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB