Kamis, 18 Oktober 2012

Anggota DPR-RI Siap Mengawal Alih Status


G.OBOS, FATTALA – Dukungan alih status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN), mendapat respon positif dari berbagai kalangan baik pemerintah daerah maupun pusat. Salah satunya adalah anggota DPR-RI asal Kalteng, Hj. Noor Hasanah.

Noor Hasanah mengaku, sebagai anggota DPR-RI yang berasal dari Kalimantan Tengah, siap memperjuangkan dan mengawas keinginan pihak civitas akademik untuk alih status. Sampai keinginan itu benar-benar nyata,” katanya usai menghadiri acara seminar , Senin (15/10).

Menurutnya, dirinya juga siap ikut mengawal proses permintaan yang sudah lama menjadi keinginan masyarakat di Kalimantan Tengah itu menjadi kenyataan. Namun, katanya karena itu domainnya ada di Kementerian Agama, pihak STAIN juga harus mempersiapkan apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk perubahan alih status tersebut

“Kita semua berharap, alih status benar-benar dapat direalisasikan secepatnya, agar perkembangan pendidikan bisa lebih maju dan baik lagi bagi masyarakat di Kalimantan Tengah.”

Sementara itu, beberapa waktu lalu pihak civitas akademik sudah melakukan presentasi persiapan alih status STAIN menjadi IAIN yang diundang oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI di Jakarta.

Peluang besar itu sudah ada di depan mata untuk melakukan alih status ke IAIN, selain berada di Ibukota Provinsi yang menjadi perioritas pengembangan oleh Kementerian Agama juga adanya kesiapan dari sarana prasarananya,” kata Ibnu.

Memang diakuinya, ada beberapa aspek penilaian yang memerlukan kerja keras semua pihak untuk menyukseskannya seperti jumlah kepangkatan akademik guru besar, lektor kepala dan lainnya. Kemudian yang berkenaan dengan kesiapan sumberdaya manusia baik menyangkut rasio dosen perprogram studi dan kualifikasi dosen serta kesiapan tenaga kependidikan lainnya.

“Kalau mau jujur STAIN memang masih belum mencukupi untuk sumberdaya manusia, tapi kita akan upayakan setahun kedepan semuanya bisa tercukupi, mengingat tahun 2012 ini saja sudah ada beberapa orang yang siap ujian promosi doktornya, di berbagai perguruan tinggi yang ada di dalam negeri”, ujarnya. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB