Selasa, 30 Oktober 2012

Basirun: Mustahil Terminal AKAP Berjalan Optimal


TJILIK RIWUT, FATTALA -
Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) kota Palangka Raya, Basirun Sulang menyatakan terminal Antar Kota dan Antar Propinsi (AKAP) Kalteng WA Gara yang terletak di lingkar luar Jalan Mahir Mahar Palangka Raya mustahil bisa berjalan optimal dalam waktu dekat.

“Mustahil terminal AKAP bisa berjalan optimal, karena saat ini masih baru, tidak sampai setahun berjalan sejak diresmikan tanggal 14 Desember 2011 yang lalu,” jelas Basirun Sulang usai menghadiri rapat koordinasi perhubungan, komunikasi dan Informatika se-Kalimantan Tengah di Swiss-Bel Hotel Danum, Senin (29/10).

Menurutnya, saat ini pihaknya senantiasa melakukan rintisan-rintisan baru untuk memfungsikan terminal AKAP dengan baik. “Saya menghimbau melalui momen ini agar kita semua menyadari akan tugas dan fungsi masing-masing termasuk kawan-kawan yang ada di perhubungan darat, termasuk para pengusaha untuk selalu tertib dan melaksanakan fungsinya sesuai dengan UU yang berlaku seperti Kepmenhub No.35 tahun 2003,” himbaunya.

Menanggapi adanya kesan kurang tegasnya Dishubkominfo kota Palangka Raya dalam menertibkan angkutan umum yang tidak resmi dan armada yang belum bersedia ditempatkan diterminalkan AKAP, Hal itu dibenarkan Basirun Sulang.   “Betul itu, kita kurang tegas karena kita negara demokratis, bukan negara otoriter, maka kita harus melakukan dengan pendekatan persuasif, ‘kan tidak bisa dengan kekerasan, kita bisa melakukan dengan sosialisasi. Tugas pemerintah itu membimbing dan membina,” katanya.

Kadishubkominfo kota Palangka Raya yakin suatu saat terminal AKAP bisa berjalan optimal “Walaupun kita tidak punya target kapan terminal AKAP berjalan optimal, tapi kita yakin nanti akan menjadi primadona di Kalimantan Tengah dan berjalan dengan baik. Itupun singgung Basirun Sulang, harus didukung dengan sarana dan prasaran pendukung infrastruktur seperti jalan tembus Pal 10 yang itu proyeknya Dinas PU terkait. muy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB