Selasa, 30 Oktober 2012

Danrem Buka Geladi Posko Yonif 631/Atg


TJILIK RIWUT, FATTALA –
Komandan Korem 102/Pjg Kolonel CZI Irwan mengatakan, dewasa ini, perkembangan lingkungan strategis bergerak sangat dinamis yang diwarnai ketidakpastian dengan segala dampaknya yang dapat mempengaruhi semua aspek kehidupan nasional.
Apabila hal ini tidak diantisipasi dan ditangani secara sungguh-sungguh, kata dia, maka dapat menjadi potensi ancaman terhadap keutuhan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis tersebut, lanjutnya, yang menunjukkan bahwa tugas-tugas TNI-AD khususnya Korem 102/Pjg dan jajarannya dimasa mendatang jelas akan semakin berat dan kompleks. Namun kita harus yakin bahwa tugas-tugas tersebut akan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, jika disadari secara sungguh-sungguh bahwa latihan adalah kebutuhan mendasar bagi setiap satuan dan prajurit dalam meningkatkan profesionalismenya,” kata Danrem 102/Pjg Kolonel CZI Irwan selaku Irup pada upacara pembukaan geladi posko Yonif 631/Antang di Mayonif 631/Atg jalan Tjilik Riwut Km.6 Palangka Raya, Senin (29/10).

Lebih lanjut, Danrem mengatakan kondisi ini hanya dapat dicapai bila seluruh satuan di jajaran Korem 102/Pjg mampu memelihara sistem kesiapsiagaan operasionalnya melalui berbagai kegiatan latihan yang terprogram dan terukur seperti latihan geladi Posko yang dilaksanakan saat ini. “Terprogram artinya latihan ini merupakan latihan lanjutan dari pentahapan latihan-latihan sebelumnya. Sedangkan terukur artinya latihan harus memenuhi standar dan mencapai sasaran yang telah ditentukan sesuai dengan tugas yang akan dilaksanakan,” katanya.

Dijelaskan, kesuksesan dalam melaksanakan geladi posko dapat dicapai bila para pelaku secara sadar memiliki kesungguhan dan meyakini bahwa kegiatan ini merupakan latihan lanjutan dari latihan-latihan sebelumnya serta untuk meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam melaksanakan komando pengendalian dimulai dari proses perencanaan dan kesiapan operasional. “Oleh karena itu, maka penyelenggaraan geladi posko ini, saya nilai merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dan memiliki bobot yang  sangat  strategis  bagi Batalyon Infanteri 631/Antang dalam menghadapi tugas-tugas ke depan,” kata danrem.

Geladi Posko rencananya akan berlangsung selama 3 hari, dengan tujuan melatih para Komandan dan Staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam mengambil keputusan taktik dan teknik, olah yudha, prosedur dan  tata kerja yang berlaku disuatu operasi komando, kodal operasi serta pengintegrasian kemampuan satuan yang dimiliki dalam mendukung pencapaian tugas pokok.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai antara lain, Pertama, meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam melaksanakan komando pengendalian suatu kegiatan dalam proses perencanaan dan siap operasi. Kedua, meningkatkan kemampuan tentang prosedur       hubungan komandan dan staf dalam mekanisme suatu posko. Ketiga, meningkatkan kemampuan komandan dan staf tentang   komando pengendalian serta penerapan taktik dan teknik dalam melaksanakan operasi. Keempat,  meningkatkan  kemampuan komandan dan staf dalam hal  koordinasi, kerjasama  dan keterpaduan pada proses perencanaan kesiapan pelaksanaan operasi, pemberdayaan semua kemampuan satuan secara terintegrasi serta  kemampuan olah yudha. 

Seperdi diketahui, Geladi posko  merupakan salah satu metode latihan, dimana pelaku diberi serangkaian keadaan dan kejadian yang berkesinambungan yang setiap keadaan atau kejadian tersebut mengandung persoalan-persoalan untuk dipecahkan dan meminta rencana, keputusan dan perintah serta tindakan dari pelaku yang berperan sebagai Komandan dan staf yang dilatih.

Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam operasi bantuan yang meliputi aspek kodal dan prosedur bantuan administrasi sebagai bagian dari satuan yang lebih besar dalam rangka pembinaan wilayah. Disamping tujuan tersebut  juga untuk melatih prosedur hubungan Komandan dan staf dalam berkoordinasi dengan pihak Pemda dan instansi terkait dalam suatu operasi bantuan penanggulangan bencana, sesuai  dengan  tema geladi posko yaitu “Batalyon Infantri 631/Atg melaksanakan operasi militer selain perang dalam rangka menjaga keutuhan NKRI”. muy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB