Sabtu, 01 September 2012

STAIN Buka 13 Prodi Baru Tahun 2013


G.OBOS, FATTALA – Ketua STAIN Palangka Raya Dr. Ibnu Elmi AS Pelu, MH menargetkan tahun 2013 akan membuka sebanyak 13 Program Studi (Prodi) baru. Dibukanya Prodi sebagai bentuk pengembangan institusi STAIN Palangka Raya guna mempercepat perubahan alih status STAIN menjadi IAIN.

“Ini salah satu cara kita untuk mempersiapkan percepatan alih status menjadi IAIN,” jelas Dr. Ibnu Elmi AS Pelu saat dijumpai Fattala di ruang kerjanya, kemarin (31/8).  

Ibnu mengakui dengan jumlah sembilan program studi di tiga fakultas yang dimiliki saat ini masih belum memenuhi kuantitas mahasiswa yang disyaratkan dalam pengembangan institusi. “Kita saat ini sudah memiliki jumlah mahasiswa masih sekitar dua ribuan lebih, itu belum mencukupi untuk mencapai syarat pengembangan lembaga yang mensyaratkan diatas tiga ribu,” tutur Ibnu ketua STAIN termuda di Indonesia ini.

Namun, Ibnu tetap optimis dengan dibukanya program studi 13 baru nantinya akan mampu mencapai syarat kuantitas mahasiswa dan akan cepat tercapai dengan baik, percepatan perubahan alih status yang menjadi program fokus.

Target dibukanya 13 program studi baru tahun 2013 nanti seperti pada fakultas Tarbiyah dibuka Tadris Informatika Komputer (TIK), Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Tadris Matematika (TMTK), Tadris IPA Terpadu (TIT), Tadris Kimia (TK).

Pada fakultas Dakwah akan dibuka sebanyak tiga prodi seperti Informasi Islam dan Ilmu Kepustakaan, Sosiologi dan Komunikasi Politik dan Bimbingan Konseling Islam. Sedangkan pada Fakultas baru Sastra dan Humaniora kita akan buka Sastra Inggris, Sastra Arab, Sosiologi Agama dan Islam Lokal dan Budaya Dayak serta Perbandingan Agama.

“Menjadi harapan kita bersama, baik mahasiswa, dosen, pegawai dan masyarakat Kalimantan Tengah, mudah-mudahan ini semua dapat tercapai sesuai rencana dan percepatan perubahan alih status menjadi IAIN tidak perlu menunggu dua atau tiga tahun lagi bisa tercapai,” ucap Ibnu dengan nada optimis.  muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB