Senin, 03 September 2012

APCYS Ajang Konferensi Ilmiah Penelitian Di Kalangan Generasi Muda


PALANGKA RAYA, FATTALA- Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya manusia yang cukup besar. Sumber daya manusia yang cukup besar itu merupakan sebuah potensi yang dapat menunjang kemajuan bangsa. Untuk itu diperlukan manusia yang berkualitas untuk membangun sebuah bangsa.

Indonesia membutuhkan pemimpin yang berkarakter unggul untuk membawa bangsanya menuju kepada kesejahteraan dan kemajuan, karakter unggul tersebut perlu dipupuk sejak usia sekolah, yang dapat dilakukan melalui proses elaborasi dan eksplorasi penelitian dalam pendidikan serta karakter yang terbentuk mellaui proses tersebut jujur terhadap fakta, terbuka pada pendapat pihak lain, berpikir untuk masa kini dan masa depan, dan peka terhadap masalah di lingkungannya. Alsaan itulah yang antara lain melatarbelakangi lahirnya The 1st Asia Pacific Conference of Young scientists (disingkat APCYS) 2012.


APCYS 2012 diselenggarakan oleh Surya Institute bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dan didukung oleh Association of Asia Pacific physical Societies (AAPPS).

APCYS pertama ini diselenggarakan pada tanggal 2-7 September 2012, berlokasi di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Kalaimantan tengah dan acara ini akan dibuka oleh Wakil gubernur, Ir. H. Ahmad Diran dengan ditandai pemukulan KETAMBUNG dengan dihadiri oleh peserta APCYS 2012, team leader, observer, juri internasional dan lokal serta tamu undangan lainnya.

APCYS merupakan konferensi ilmiah tahuan bagi paar siswa/i sekolah tingkat menengah se-Asia pasifik sebagai ajang untuk menumbuhkan iklim penelitian di kalangan generasi muda. Di tahun 2012, konferensi ini akan dikategorikan dalam 5 kelompok: Physics, Mathematics, Computer Science, Life science, dan Environmental Science dengan 12 negara yang ikut partisipasi: Indonesia, Malaysia, singapura, Thailand, Nepal, china, Korea selatan, Jepang, Australia, Guam, Brunei Darussalam, serta Chinese Taipei.

Dengan diselenggarakannya acara ini, siswa/i dari Indonesia dapat saling ilmu penelitian ilmiah dengan siswa lain, khususnya dari negara-negara Asia Pasifik. Dalam suasana yang kompetitif namun bersahabat, para peneliti belia tersebut dapat saling berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai penelitian ilmiah yang mereka lakukan. Diharapkan kelak kerjasama antara para peserta akan berkembang menjadi network bertarif internasional.

Tidak berhenti disitu saja, dengan adanya pameran poster dari kaya ilmiah para pastisipan yang dipamerkan terbuka untuk umum, acara ini juga menjadi ajang untuk merangsang para guru dan siswa disekitar Palangka Raya untuk mengembangkan aktifitas penelitian ilmiah di lingkungan  sekolah masing-masing. Bahkan dianatara para guru/ pimpinan tim dari berbagai negara, potensi sekolah masing-masing. Bahkan dianatara para guru/ pimpinan tim dari berbagai negara, potensi berkolaborasi, saling belajar serta membina jaringan akan tumbuh, membangun jazirah Asia-Pasifik berkolaborasi, saling belajar serta membina jaringan akan tumbuh, membangun jazirah Asia-Pasifik dengan membangun karakter unggul karakter generasi mudanya melalui aktifitas penelitian ilmiah.

Asia Pacific Conference of young Scientits atau disingkat APCYS merupakan konferensi penelitian ilmiah untuk para siswa/I sekolah tingkat menengah se-Asia Pasifik dan hasil penelitian tersebut akan dipresentasikan pada konferensi ini.

Adapun yang menjadi latar belakang konferensi ini diadakan adalah sebuah fakta bahwa Indonesia memerlukan pemimpinan yang berkarakter unggul yang nantinya dapat membawa bangsanya menuju kepada kesejahteraan dan kemajuan. Untuk itu hal tersebut perlu dipupuk sejak usia sekolah dan dapat dilakukan melalui proses elaborasi dan eksplorasi penelitian dalam pendidikan serta karakter yang terbentuk melalui proses tersebut jujur terhadap fakta, terbuka pada pendapat pihak lain, berpikir untuk masa kini dan masa depan, dan peka terhadap masalah di lingkungannya.

Tujuan diselenggarakan konferensi ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi para siswa agar dapat berbagi ilmu penelitian dengan para siswa lain dalam suasana yang kompetitif namun bersahabat.

Dalam konferensi ini juga, siswa sekolah tingkat menengah diwajibkan untuk membwakan suatu penelitian ilmiah yang berkualitas, khususnya dalam melakukan penelitian ilmiah, mempresentasikan penelitian ilmiha, menangani diskusi ilmiha, dan menuliskan laporan penelitian yang terkait hasil penelitian ilmiahnya tersebut. Seluruh presentasi dan pameran hasil penelitian ilmiah akan dinilai oleh panel yang beranggotakan para juri internasional. Penelitian ilmiah ini akan dibagi ke dalam4 kategori penelitia, yaitu mathematic, physics, ecology, dan computer science.

Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) ke-1 ini akan diselenggarakan di kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Konferensi akan berlangsung dari tanggal 2-7 September 2012, dengan lokasi di swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Kilometer 5, Palangka Raya Kalimantan Tengah. Uli/ Muy

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB