Jumat, 21 September 2012

Kawasan Hutan Konservasi Perlu Direhabilitasi


IMAM BONJOL, FATTALA - Korem 102/Pjg dan BP-DAS Kahayan telah menandatangani nota kesepakatan Memorandum Of Under-standing (MoU) kegiatan  rehabilitasi kawasan hutan konservasi  dan perlindungan hutan beberapa waktu lalu. Dengan MoU kesepakatan kerjasama  tersebut, sebagai acuan  dan landasan kedua belah pihak dalam melaksanakan kegiatan rehabilitasi hutan di kawasan  hutan konservasi dan perlindungan hutan di wilayah Kalimantan tengah.  

Salah satu tujuannya adalah mempercepat terwujudnya  pemulihan kawasan hutan  yang terdegradasi  dan terjaminya kelestarian kawasan hutan konservasi.  
Adapun latar belakang kegiatan ini dilakukan mengingat sebagian kawasan hutan konservasi di kalimantan Tengah  mengalami kerusakan, untuk itulah perlu adanya program  rehabilitasi kawasan hutan konservasi yang dalam pelaksanaannya  Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Kahayan bekerja sama dengan  TNI dalam hal ini Korem 102/Pjg dan jajarannya, sesuai penjabaran  dari kerja sama Mentri Kehutanan dengan Panglima TNI pada tahun 2011. 

“Kegiatan rehabilitasi hutan di kawasan hutan konservasi tahun 2012 ini  meliputi kegiatan pemeliharan tanaman seluas 5.000 Ha yang berada di wilayah Kodim 1014/Pbn seluas 1.250 Ha dan Kodim 1015/Spt seluas 3.750 Ha yang merupakan kelanjutan dari program rehabilitasi hutan tahun 2011,” jelas Kolonel Czi Irwan.

Tambahnya, untuk program rehabilitasi hutan tahun 2012 adalah pembuatan tanaman seluas 5.000 Ha yang berada di wilayah Kodim 1011/Klk seluas 1.000 Ha, Kodim 1014/Pbn seluas 750 Ha dan Kodim 1015/Spt seluas 3.250 Ha. 

“Kita semua, dalam hal ini kementrian kehutanan dan TNI tentu berharap banyak, kiranya pelaksanaan  rehabilitasi hutan di kawasan hutan konservasi di wilayah Kalimantan Tengah mencapai sasaran, demi susksesnya program pemerintah dalam mewujudkan kelestarian hutan,” jelas Irwan.

Untuk itu, tambahnya, kepada Kementrian Kehutanan dan jajarannya, Kepala BPDAS, Kepala Balai dan pihak-pihak terkait, saya ucapakan terima kasih yang tulus  dan penghargaan  yang tinggi, atas terjalinya kerja sama dalam program pembangunan sektor kehutanan khususnya di bidang rehabilitasi hutan di kawasan hutan konservasi yang selaras dengan pemberdayaan wilayah  pertahanan. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB