Senin, 17 September 2012

HMI AHMAD DAHLAN Gelar LK-I


ASRAMA HAJI, FATTALA – Penyelenggaraan Latihan Kader (LK-1) tersebut, dalam rangka mencapai tujuan organisasi melalui suatu proses sadar dan sisternatis sebagai alat transformasi nilai ke lslaman dalam proses rekayasa peradaban, melalui pembentukan kader berkualitas muslim intelektual profesional sehingga berdaya guna dan berhasil guna.

Demikian dikatakan, Teguh Imam Dani, Ketua Umum HMI AHMAD DAHLAN KOMISARIAT Universitas Muhammadiyah Palangka Raya kepada FATTALA, di sela kegiatan pelatihan di Asrama Haji, Rabu kemarin (12/9).

Menurutnya, terjadinya kevakuman kegiatan kemahasiswaan di lingkungan kampus kiranya cukup mengundang keprihatinan. Seorang mahasiswa yang harusnya aktif dan penuh ide pembaruan, menjadi tidak tertarik untuk terjun dalam kegiatan kemahasiswaan dan organisasi.

Hal ini cukup beralasan, karena mahasiswa belum paham pentingnya organisasi dan peran kelembagaan di tambah tidak adanya regenerasi, sehingga banyak mahasiswa yang belum mengenal adanya organisasi yang ada di lingkungan akademik.

Maka, menurut Imam, untuk dapat menyalurkan dan mengekspresikan rasa ingin tahu mahasiswa yang menggelora, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) KOMISARIAT AHMAD DAHLAN Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, memfasilitasi mahasiswa dengan mengadakan Latihan Kader I (Basic Training).

“Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari, sejak tanggal 10-13 September 2012 dan diikuti sebanyak 48 kader dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya,” jelas Imam.

Latihan kader I, tambah Imam, merupakan program wajib yang dilakukan di HMI di manapun berada dan merupakan pengembangan mahasiswa khususnya yang berkaitan dengan bidang keislaman, keorganisasian dan kepemimpinan.

“Pemberian pengetahuan berupa teori saja, dalam perkuliahan tidaklah cukup membekali mahasiswa/lulusan menjadi pemimpin masyarakat. Di luar kecakapan akademik  yang dikembangkan lewat perkuliahan, kreativitas dan jiwa kepemimpinan serta keterampilan kepemimpinan mahasiswa perlu dikembangkan.

Kreativitas ini akan tumbuh dan berkembang, apabila mereka mendapatkan rasa kebebasan dan tantangan untuk berkreasi, bereksplorasi, bereksperimentasi sehingga terbangun rasa ingin tahu yang menggelora.”

Ia berharap dengan kegiatan Latihan Kader I (Basic Training) ini dapat memberi manfaat dalam mengantarkan mahasiswa untuk menjadi  manusia Indonesia yang cerdas dan berdaya saing. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB