Minggu, 30 September 2012

Pemuda Penting Dibekali Pengetahuan Jurnalistik


YOS SUDARSO, FATTALA – Generasi muda harus mempunyai wawasan yang lebih luas. Pekerjaan tidak harus menjadi pegawai, pemuda harus mampu menciptakan lapangan kerja sehingga membuka peluang kerja bagi yang lain. Lapangan pekerjaan disamping sektor perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan, juga di sektor informasi dan jurnalistik serta masih banyak bidang-bidang lainnya yang terbuka luas.

Hal tersebut, disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Sadar Ardi saat membuka pelaksanaan pelatihan jurnalistik bagi pemuda propinsi Kalimantan Tengah bertempat di Aula Batimur Palangka Raya, Kamis (27/9).

Tujuan pelatihan jurnalistik ini untuk membekali para pemuda akan pengetahuan praktis jurnalistik, sebagai pegangan bagi peserta sebelum terjun ke dunia jurnalistik. Sehingga para peserta begitu selesai pelatihan, langsung dapat mempraktekkannya di lapangan.

Diharapkan dengan diajarkannya dasar-dasar jurnalistik, serta kiat-kiat dalam teknik wawancara, menulis suatu berita, akan tumbuh kader-kader jurnalistik muda yang pada gilirannya dapat menggerakkan ekonomi generasi muda.

Selain itu, jelas Sadar Ardi, dirinya berharap akan muncul kader-kader pemuda yang berkualitas yang akan mengangkat harkat dan martabat generasi muda yang handal dan mempunyai kreativitas yang tinggi, khususnya di bidang jurnalistik.

Sementara itu, Ketua PWI Cabang Kalimantan Tengah, H. Sutransyah dalam memberikan motivasi materi kejurnalistikan menjelaskan, Para pemuda dapat diarahkan dengan baik agar memiliki potensi tidak hilang, untuk maju, pemuda harus memiliki keahlian dan daya saing.

Pelatihan jurnalistik dinilai dapat mengasah kemampuan menulis seseorang. Dengan begitu, diharapkan para peserta dapat lebih peka terhadap informasi di sekitarnya serta wawasan dan cara berpikirnya menjadi lebih kreatif.

Terlebih, saat ini pemahaman dan pengetahuan terhadap dunia jurnalistik menjadi hal yang sangat penting. “Di era yang dipenuhi informasi dan komunikasi, pemahaman dan pengetahuan tentang jurnalistik sudah selayaknya dimiliki siapa pun,” ucap Sutransyah. Muy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB