Rabu, 05 September 2012

Wawasan Kebangsaan Sudah Mulai Luntur


G.OBOS, FATTALA - Kondisi wawasan kebangsaan bangsa Indonesia saat ini sangat memprihatinkan dan saat ini sudah mulai luntur. Generasi muda perlu diingatkan kembali tentang wawasan kebangsaan. Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estapet kepemimpinan bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pers Rem 102/Pjg Letkol Inf Efendi Muchtar saat memberikan pencerahan tentang materi wawasan kebangsaan pada acara stadium General dalam rangka pembukaan kuliah semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di aula STAIN Palangka raya, kemarin (4/9).

Lanjutnya, Wawasan kebangsaan yang dulu sangat tinggi terutama saat masa revolusi tahun 1945-1949 dengan nilai-nilai 45 nya, saat ini sudah mulai luntur. Justru yang berkembang adanya Kesadaran Etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah. Belum lagi ancaman multi dimensi di era globalisasi saat ini.

Oleh karena itu, jelasnya, kepada generasi muda khususnya para peserta sangat perlu diingatkan kembali tentang wawasan kebangsaan. Hal ini penting mengingat generasi muda  yang akan melanjutkan estapet kepemimpinan bangsa Indonesia

Lebih lanjut dijelaskan tentang 4 pilar NKRI serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. Rasa kebangsaan merupakan sublimasi dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa di dunia.

Paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi dengan semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, sedangkan semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan. Semangat kebangsaan akan terpancar dari kwalitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus STAIN Palangkaraya dan diikuti 600 mahasiswa tersebut Ketua STAIN Palangkaraya DR. Ibnu Elmi AS Pelu, SH, MH menyambut baik dan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara ini. Lebih lanjut dikatakan Ibnu bahwa diadakan acara ini yaitu untuk menambah wawasan kebangsaan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan Mahasiswanya. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB