Selasa, 11 September 2012

Mengurangi Dampak Kabut Asap Enam Ribu Masker Dibagikan Gratis


BUNDARAN BESAR, FATTALA – Dinas Kesehatan kota Palangka raya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Propinsi Kalimantan Tengah membagikan sebanyak enam ribu masker di Bundaran Besar, Selasa kemarin (11/9). Hal itu untuk mengurangi dampak dari kabut asap yang makin pekat di Palangka Raya dan sekitarnya.

Kabut asap di Palangka Raya dalam beberapa hari terakhir semakin parah. Berdasarkan pantauan Fattala, jarak pandang aman di pagi hari hanya berkisar 200-500 meter. Padahal waktu tersebut, bertepatan pada jam masuk kerja bagi para pegawai dan anak-anak yang ingin bersekolah. Hal tersebut cukup membahayakan bagi kesehatan yang berdampak bisa mengakibatkan ISPA (singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut).

Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari kabut asap Dinas Kesehatan kota Palangka raya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Propinsi Kalimantan Tengah membagikan sebanyak enam ribu masker gratis.  

Menurut Sudarmini, kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, pembagian masker secara gratis tersebut sebenarnya dijadwalkan pembagian pada hari Senin. “Karena hari Senin cuaca cukup baik dengan hasil Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dibawah 50, sehingga kita tunda untuk sementara dan berharap cuaca makin membaik.”

Namun, tambahnya, pagi tadi (kemarin, red) setelah dirasakan kabut asap cukup pekat dan sesuai hasil kesepakatan dan koordinasi antara pihak Dinas Kesehatan kota Palangka Raya bekerjasama PMI Propinsi Kalimantan Tengah apabila di atas jam 8 tidak kunjung reda, maka kita bagi masker untuk masyarakat.

Sebanyak enam ribu masker di bagikan, empat ribu masker dari PMI Propinsi Kalteng melalui PMI kota Palangka raya dan kemudian dua ribu dari Dinas Kesehatan kota Palangka raya.

Masyarakat diharapkan dengan cuaca kabut asap yang tiba-tiba tersebut, agar selalu bersiap-siap di rumah menyimpan masker dalam bentuk apapun untuk menjaga kesehatan dan meminimalisir terjadinya penyakit ISPA. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB