Rabu, 05 September 2012

YUM Sambangi Kadin Kalteng


TEMANGGUNG TILUNG, FATTALA – Yayasan Usaha Mulia (YUM) melakukan kunjungan ke kantor Kadin Kalteng, Rabu (5/9), guna menyerap masukan. Kedatangan dua orang pengelola YUM tersebut, diterima Wakil Ketua Kadin Bidang Pertambangan dan Energi Ir. Anthon Pawarrangan beserta beberapa pengurus Kadin.

Dalam kesempatan tersebut Rayani R. Doodoh, Koordinator YUM Indonesia menyampaikan bahwa YUM  telah berusaha turut berperan serta dalam pelatihan tenaga siap pakai yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya daerah Tangkiling. “Dalam 3 tahun ke depan Yum akan melakukan pengembangan Vocational Training Center (VTC) yang rencananya akan dimulai dari 2013. Hanya saja kondisi di Kalteng berbeda dengan di pulau Jawa, terutama dari segi kepadatan penduduk,  karenanya kita akan melakukan survei terlebih dahulu.”  ujar Nani, begitu panggilan akrabnya.   

Nani juga menyampaikan bahwa saat ini VTC telah dibantu oleh beberapa donatur, terutama dari luar negeri baik dalam penyediaan tenaga pendidik dan beberapa peralatan. Ia juga menyampaikan bahwa pengembangan VTC di Kalteng secara khusus ditujukan untuk pengembangan masyarakat lokal supaya lebih maju. “Pengembangan VTC ini bukan untuk menyaingi SMK, tetapi memperkaya dan mengisi apa yang belum atau tidak dilakukan oleh SMK.” Jelas Nani di depan Wakil Ketua Kadin dan beberapa pengurus.

Sementara Rusdi Noor, Manager Program YUM Kalimantan, mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Kadin adalah untuk menyerap masukan-masukan dari Kadin Kalteng untuk memantapkan proyek pengembangan VTC ke depan. ”Sementara ini kita sudah memberikan pelatihan kepada siswa-siswi, tetapi ke depan pelatihan yang ada ingin kami kembangkan agar tercipta lulusan yang siap kerja. Karena itu kami mencoba untuk memperoleh masukan-masukan dari berbagai pihak untuk diadopsi dalam rancangan proyek ini.” jelas lelaki yang mengaku telah 5 tahun tinggal di Palangka Raya.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua Kadin Bidang Pertambangan dan Energi, Ir Anthon Pawarrangan mengatakan sangat mendukung. Kadin Kalteng siap memfasilitasi jika nantinya YUM memerlukan dukungan baik berupa tenaga, promosi maupun informasi yang diperlukan selama hal tersebut masih dalam kewenangan Kadin Kalteng. ”Kadin sangat mendukung program pengembangan VTC, karena kegiatan tersebut sejalan dengan Program Kadin,” ujar Anthon.

Anthon juga mengingatkan agar dalam seleksi calon peserta pelatihan nantinya, panitia lebih selektif agar pelatihan yang dilakukan dapat efektif dan tidak sia-sia. “Untuk mendapatkan peserta yang benar-benar serius dan mau belajar, maka mulai dari perekrutan harus selektif. Ya, usahakan minimal 70 persen dari peserta pelatihan loyal dengan pelatihan yang digelutinya.” pungkas Anthon. Sbt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB