Minggu, 30 September 2012

Media Berperan Membentuk Opini Publik


TJILIK RIWUT, FATTALA – Dalam era modernisasi, media massa memegang peranan penting dalam menyampaikan dan menyebarkan informasi secara cepat. Tak bisa dipungkiri bahwa tumbuh kembang manusia pada zaman modern ini tidak terlepas dari peran media.

Hal itu disampaikan ketua PWI Cabang Kalteng, H. Sutransyah saat memberikan materi pada peserta Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Humas Polda Kalteng di aula Arya Dharma Mapolda Kalteng, kemarin (24/9).

Dihadapan 40 peserta Humas Polres perwakilan 13 Kabupaten 1 kota se-Kalteng tersebut, mantan ketua umum HMI Cabang Palangka Raya ini menjelaskan bahwa pembentukan mentalitas manusia pada zaman modern ini tidak bisa terhindar dari gesekan media. “Tak bisa terbantahkan bahwa pendidikan karakter manusia selalu diikuti dengan embel-embel media. Entah itu media cetak, elektronik, maupun media internet,” katanya.


Media telah menjadi jembatan arus informasi, terlebih lagi bagi masyarakat perkotaan di negara-negara maju. Secara tidak langsung dengan makna keberadaan media itu sendiri, media telah menjadi sarana dalam upaya perluasan ide, gagasan dan pemikiran terhadap kenyataan sosial. “Maka, media semakin marak digunakan sebagai pengging opini masyarakat menuju pencitraan yang diinginkan. Dengan begitu, media pun telah menjadi alat pembentukan citra,” katanya.

Pandangan masyarakat terhadap suatu permasalahan di negeri ini pun tidak terlepas dari peran media. Peran media menjadi sangat vital karena bertanggung jawab dalam membentuk opini masyarakat. Opini yang berkembang di masyarakat akan menjelma tersampaikan pada masyarakat menjadi sikap dan mentalitas dari masyarakat itu sendiri. Sebuah pemikiran yang tersampaikan pada masyarakat menjadi dasar bagi tindak-tanduk masyarakatnya.

Media memiliki pertanggung jawaban yang besar dalam upaya membangun bangsa, minimal pada tahap pemikiran. Jika medianya sendiri sudah tidak memperhatikan kaidah-kaidah dan norma-norma yang berlaku, bagaimana dengan opini yang berkembang di masyarakat? Tentu secara tidak langsung akan banyak terpengaruh oleh media. Dampak media massa dapat meluas kepada siapapun. Dampak media massa membawa masyarakat menuju suatu perubahan.

Tanggung jawab media sangat besar dalam menggerakkan opini publik. Media massa sebagai penggerak opini publik menjadikannya sebagai alat pengonstruksi masyarakat. Namun, disamping itu, ucap Sutransyah masyarakat pun dituntut untuk bisa berlaku arif dan bijaksana dalam menyikapi suatu pemberitaan yang diperolehnya, jangan serta merta terpancing sebelum mengetahui kebernaran dari suatu pemberitaan. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB