Jumat, 21 September 2012

Semangat Kebangsaan Mampu Hadapi Ancaman


YOS SUDARSO, FATTALA – Paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi dengan semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan yang merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan. Semangat kebangsaan akan terpancar dari kwalitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman.

Demikian dikatakan Pasi Binkomsos Korem 102/Pjg Mayor Arh Sriyanto saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa SLTA se-kota Palangka Raya, pekan lalu (15/9).

Kegiatan berlangsung di Aula Kesbangpolinmas jalan Yos sudarso No.54 Palangkaraya, yang diikuti kurang lebih 100 siswa perwakilan dari siswa-siswi SMAN-1, SMAN-2, SMA-4, SMA Muhamadiyah serta SMA Kristen Palangkaraya.

Pasi Binkomsos memaparkan kondisi wawasan kebangsaan bangsa Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Wawasan kebangsaan yang dulu sangat tinggi terutama saat masa revolusi tahun 1945-1949 dengan nilai-nilai 45 nya, saat ini sudah mulai luntur.

Justru yang berkembang adanya kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah. Belum lagi ancaman multi dimensi di era globalisasi saat ini. “Oleh karena itu, kepada generasi muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan kembali tentang wawasan kebangsaan. Hal ini penting mengingat generasi muda  yang akan melanjutkan estapet kepemimpinan bangsa Indonesia,” jelas Arh Sriyanto.

Lebih lanjut Mayor Arh Sriyanto  menjelaskan  tentang 4 pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. Rasa kebangsaan merupakan sublimasi dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa di dunia.

Pada kesempatan itu para siswa didampingi oleh guru pendampingnya masing-masing, salah seorang guru menyampaikan bahwa tujuan mengikutkan muridnya yaitu untuk menambah wawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para muridnya tersebut.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari kalangan siswa. Hal ini terlihat banyaknya pertanyaan dari siswa-siswi yang disampaikan pada saat sesi tanya jawab. Kegiatan berjalan tertib, aman dan lancar. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB