Selasa, 11 September 2012

Puskesmas Sediakan Masker Gratis


JEKAN RAYA, FATTALA – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam menghadapi dampak kabut asap di kota Palangka Raya pihak Dinas Kesehatan kota Palangka Raya sudah melakukan antisipasi dengan menyiapkan masker di setiap Puskesmas untuk pasiennya.

Cadangan masker tersebut, sudah disiapkan di setiap Puskesmas untuk pasien yang rentan terhadap saluran pernapasan seperti asma, ibu-ibu hamil. “Namun tidak semua pasien kita kasih, kita selektif karena keterbatasan masker,” jelas Sudarmini kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya kepada Fattala, kemarin (11/9).

Pihak Dinkes kota masih mempunyai stok masker sebanyak tujuh ribu dan baru dibagikan dua ribu kepada masyarakat. “Apabila diperlukan, jumlah itu bisa saja ditambah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan melihat kondisi cuaca apabila asap masih pekat,” katanya.

Seperti diketahui kabut asap yang disebabkan dari pembakaran hutan atau lahan disadari atau tidak sangat merugikan masyarakat seperti menjadi terganggu, mulai dari transportasi, roda perekonomian hingga kesehatan masyarakat.  

Dampak langsung terhirupnya asap akibat kebakaran hutan dan lahan adalah infeksi saluran pernapasan atas. Pengaruhnya adalah iritasi saluran pernapasan dan dapat diikuti dengan infeksi saluran pernafasan sehingga timbul gejala berupa rasa tidak enak di saluran pernafasan. Gejalanya seperti batuk, sesak nafas yang dapat berakhir dengan kematian.

Karena serbuan asap merupakan suatu yang tidak bisa dihindari maka kepada masyarakat di kota Palangka Raya dihimbau untuk mencegah dampak negatif  yang timbul. Diantaranya dengan mengenakan masker yang cukup melindungi hidung dari kabut asap saat beraktivitas di luar rumah.  

Sedapat mungkin, jangan terlalu sering berada di luar rumah terutama pada malam dan pagi hari. Karena pada saat itu kabut asap yang menyerbu menyebabkan penurunan kualitas udara  Namun bagi mereka yang pekerjaannya di luar ruangan, harus meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah infeksi. Misalnya dengan banyak minum air putih serta minum suplemen/vitamin. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB