Kamis, 01 November 2012

SMAN 5 Juara Lomba Diskusi Dan Uji Argumen


IMAM BONJOL, FATTALA –
Korem 102/Panju Panjung menggelar kegiatan lomba diskusi dan uji argumen parade cinta tanah air tingkat SLTA se-Kalteng bertempat di Aula Makorem, kemarin (31/10).

Pembukaan lomba diskusi dan uji argumen tersebut dibuka langsung oleh Danrem 102/Pjg Kolonel Czi Irwan. Dalam sambutannya, Komandan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wadah untuk mewujudkan sumber daya manusia yang cerdas dan pariotik serta bertanggung jawab kepada bangsa dan negara, yang berjiwa Pancasila berpedoman pada UUD 1945 serta setia dan patuh kepada NKRI sesuai sesanti Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu, melalui lomba ini para pelajar dilatih untuk aktif dan kreatif dalam meningkatkan prestasi dibidang pendidikan. “Oleh karena itu, saya mengharapkan agar event ini betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menjadikan diri kalian sebagai peserta andalan yang siap mengukir prestasi terbaik yang nantinya akan mewakili tingkat Propinsi pada lomba di tingkat nasional dalam rangka menghantarkan nama sekolah, keluarga, lingkungan, bangsa dan negara,” katanya.

Pelajar merupakan salah satu penerus bangsa yang pada saatnya nanti akan mengambil alih estapet kepemimpinan nasional maupun daerah. Oleh karena itu pelajar dituntut senantiasa belajar dan berkarya dengan cara menimba ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya agar menjadi manusia unggul dan bermanfaat dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang, baik bagi diri pribadi, keluarga, lingkungan maupun bangsa dan negara.

Dengan bekal pengetahuan dan nilai yang tinggi saya yakin para pelajar akan dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi sesuai yang diharapkan atau mendapat peluang kerja sesuai bidang yang dikuasai, apalagi saat ini dan dimasa-masa mendatang negara kita sangat membutuhkan manusia-manusia unggul yang tidak hanya cerdas tetapi juga berakhlak mulia, memiliki semangat dan disiplin yang tinggi.

“Untuk itu kepada para pelajar saya berpesan hendaknya senantiasa meningkatkan semangat belajar, tanamkan disiplin yang tinggi dan semangat juang yang tinggi guna meraih masa depan yang cerah, sebagaimana yang dilakukan oleh para pejuang-pejuang pendahulu kita dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan seperti yang kita rasakan sekarang ini,”

Kesadaran bela negara, cinta tanah air harus dibangun, dibina dan ditumbuhkembangkan dalam diri setiap warga negara sejak usia dini melalui pendidikan yang berkesinambungan dalam bentuk proses pembelajaran interaktif, partisipasif dan progresif sepanjang hayat, dalam rangka menjaga integritas bangsa dan negara. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pembinaan pemberdayaan partisipasi masyarakat sesuai tuntutan keadaan dewasa ini. salah satu upaya yang merupakan terobosan inovatif dan kreatif melalui lomba diskusi dan uji argumen parade cinta tanah air.

Pada kesempatan itu juga, Kolonel Irwan menyampaikan himbauan kepada peserta lomba agar mengikuti kegiatan ini dengan semangat sportifitas yang tinggi, jaga kekompakan tim, patuhi semua ketentuan dan aturan yang sudah disepakati bersama, dan biasakan tampi sebagai peserta yang tidak hanya siap menerima kemenangan, tetapi juga siap menerima kekalahan.
“Kepada para juri, agar menjalankan peran dan fungsinya dengan adil dan netral berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku, hindari keputusan yang dapat memicu terjadinya kesalahpahaman,” katanya. Muy

SMAN 5 Palangkaraya Menangkan Lomba
Lomba yang dilaksanakan selama 1 hari dan diikuti oleh berbagai siswa SLTA sederajat se Kalteng antara lain, SMAN 1,  SMAN 2, SMA 3, SMAN 4, SMAN 5, SMA Khatolik, SMA Nusantara, SMA Garuda, SMA Muhammadiyah, SMA kristen, SMK Karsa Mulya, SMK Islah, MAN Model dan MAS Darul Ulum Palangkaraya serta MAN Kuala Kapuas dan SMAN 1 Kuala Kapuas.

Keluar sebagai juara lomba diskusi dan uji argumen parade cinta tanah air tingkat SLTA se-Kalteng itu Juara I SMAN 5 Palangkaraya dengan total nilai 77,30, Juara II SMAN 2 Palangkaraya dengan total nilai 75,20 dan Juara III SMAN 1 Kuala Kapuas dengan total nilai 70,60. 

Seperti diketahui, Peserta yang meraih juara I  akan mewakili Propinsi Kalteng untuk mengikuti Grand Final Lomba Diskusi / Uji Argumen di tingkat Nasional yang diikuti oleh 32 Propinsi lain di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan di Jakarta oleh Kemenham RI.  MUY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB