Kamis, 15 November 2012

85,12 KM Jalan Propinsi Rusak Berat


DPRD KALTENG, FATTALA – Panjangnya jalan propinsi Kalimantan Tengah mencapai 1.100 Km masih banyak menyisakan persoalan dan perlu pemeliharaan.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Gubernur Kalimantan Tengah, Agutin Teras Narang, saat ini dengan pemeliharaan jalan Provinsi kondisi baik 535,02 Km (73,02%), sedang 268,22 Km (24,38%), rusak ringan 211,65 km (19,24%) dan rusak berat 85,12 Km (7,74%).

Untuk menangani seluruh jalan provinsi dan ruas­-ruas jalan strategic provinsi agar selalu berada dalam kondisi mantap diperlukan anggaran yang besar. “Karena keterbatasan anggaran maka Pemerintah Provinsi melaksanakan pemeliharaan jalan dengan menggunakan penajaman penanganan agar semua ruas jalan bisa fungsional,” jelas Teras.

Diakui Teras, sejumlah ruas jalan sebenarnya harus dilakukan penanganan dengan rekonstruksi karena umur dan kondisi jalan yang rusak parah, namun karena keterbatasan anggaran dan panjangnya ruas jalan yang harus ditangani maka sebagian ruas jalan hanya mendapat penanganan pemeliharaan.

“Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam penganggaran penanganan infrastruktur jalan,” harap Teras.

Berkaitan dengan peningkatan kelas jalan untuk jalan-jalan di Provinsi Kalimantan Tengah masih berpedoman pada Muatan Sumbu Terberat (MST) 8 Ton, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Khusus untuk jalan Sampit – Bagendang sesuai dengan koordinasi yang dilakukan berbagai pihak bahwa ruas ini tidak ditangani oleh Pemerintah Provinsi tetapi oleh PBS,” katanya. Ia menambahkan, hal ini karena tingginya intensitas pemakaian ruas ini oleh PBS sehingga sudah selayaknya para PBS yang menangani. MUY 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB