Selasa, 06 November 2012

Pemateri SJI, 20 Tokoh Pers Nasional


RTA. MILONO, FATTALA – Tidak tanggung-tanggung, pelaksanaan pelatihan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) yang pertama kali diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalimantan Tengah akan menghadirkan 20 tokoh pers nasional dari Jakarta.

SJI yang mulai diselenggarakan tanggal 8-23 Nopember 2012 di hotel Dandang Tingang itu merupakan SJI tingkat dasar angkatan pertama dengan menargetkan peserta sebanyak 30 wartawan muda. Pelaksanaan sekolah jurnalis ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Jelas ketua PWI Cabang Kalteng, H. Sutransyah kepada FATTALA di ruang kerjanya, kemarin (6/11).

Adapun beberapa nama yang akan menjadi pemateri pada SJI tahun ini, urai Sutran diantaranya, Ashadi Siregar, Marah Sakti Siregar, Sabam Siagian, Priyambodo RH, Brata T. Hardjosubroto, Saur Hutabarat, Wina Armada Sukardi, E. Soebekti, Hendry Ch. Bangun, TD Asmadi, Uni Z. Lubis, Atal S. Depari, Liberty Sihombing, Banjar Chaeruddin, Artini Sieparmo dan Arbain Rambey.

Ia menambahkan, perlunya sekolah jurnal ini dimaksudkan untuk mengatasi rendahnya kompetensi wartawan di bidang jurnalistik. “SJI merupakan program PWI Pusat sebagai upaya peningkatan kompetensi wartawan saat melaksanakan tugas,” katanya.

Mantan ketua HMI Cabang Palangka Raya ini juga menjelaskan, seorang wartawan profesional tidak hanya sekedar dapat menulis, tapi juga perlu mengetahui dan menerapkan teknik-teknik dasar jurnalistik, memiliki pengetahuan dan pemahaman filosofi tentang jurnalistik secara meyakinkan. Sutran menegaskan, dengan adanya SJI yang diselenggarakan PWI Cabang Kalteng ini, kekosongan pengetahuan para wartawan dapat diisi.

Rencananya, usai pelaksanaan SJI juga akan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada tanggal 22-23 Nopember 2012, UKW ini dilaksanakan yang ketiga kalinya di Kalimantan Tengah setelah pertama kali bulan April 2012 di Palangka Raya, UKW kedua bulan Juni 2012 di Kotawaringin Timur (Sampit) dan UKW ketiga ini kembali di Palangka Raya.

“Kami berharap semua peserta bisa mengikuti rangkaian kegiatan ini, baik itu SJI maupun UKW dengan baik hingga selesai. Salah satu penilaian SJI adalah siswa harus mengikuti seluruh materi dan menaati tata tertib," tegas Sutran. MUY 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB