Jumat, 02 November 2012

Pendidikan Karakter Perlu Pembiasaan dan Keteladanan


S. PARMAN, FATTALA – Upaya pemerintah, guru dan masyarakat dalam membangun karakter bangsa sejak dini melalui jalur pendidikan tidak henti-hentinya dilakukan, jika kita memperhatikan manusia Indonesia saat ini cukup rasanya membuat perasaan kita miris.

Berbagai fenomena yang terjadi  menjadi tayangan yang dapat disaksikan dalam keseharian kita, yakni terjadinya tawuran pelajar dimana-mana persahabatan tidak lagi menjadi perekat akan tetapi dengan mudah buyar hanya dikarenakan masalah-masalah sepele. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Drs. Ikhwanudin, M.Si saat menjadi pembina upacara apel Senin di Halaman MTs Annur Palangka Raya beberapa waktu lalu.

Hadir pada upacara tersebut wakil ketua Yayasan Jami Annur Drs. H. Alif Abdullah dan Kabid SMP/SM Disdikpora, Dra. Mimi, Kepala Sekolah beserta seluruh dewan guru dan peserta didik gabungan MTs Annur, MA Annur, SMP GUPPI dan SMK Al-Islah Palangka Raya.

Lanjut Ikhwanudin, Pendidikan karakter akhlak mulia memang sangat dibutuhkan di tengah bangsa yang sedang mengalami krisis moral, oleh karena itu peran guru sangat diharapkan dalam mendidik dan membimbing siswa di lingkungan sekolahnya masing-masing. Dengan penerapan karakter bangsa yang berbudi luhur, sopan santun, ramah tamah, gotong royong, disiplin, taat aturan yang berlaku dan sebagainya, perlu metode pembiasaan dan keteladanan dari semua unsur pendidikan di sekolah.

Tentu saja cukup beraneka ragam metode pembiasaan yang diterapkan di setiap sekolah. Semua yang dilakukan oleh warga sekolah tersebut bertujuan untuk membangun karakter bangsa. Namun yang lebih penting lagi adalah keteladanan dari pengelola pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah, guru dan tenaga administratif tidak cukup hanya dengan menghimbau agar siswa rapi berpakaian, mematuhi disiplin sekolah, sopan santun terhadap sesama teman dan terhadap guru. Akan tetapi guru harus menjadi contoh teladan yang setiap saat menjadi model bagi anak didiknya.

Setelah upacara usai kepala MTs Annur Palangka Raya Rus’ansyah mengungkapkan ucapan terima kasih dan rasa bangganya kepada kepala Disdikpora Kota Palangka Raya yang telah meluangkan waktunya untuk membina sekolah yang ada di komplek Yayasan Jami Annur Palangka Raya. Ia berharap Madrasah Tsanawiyah Annur akan menjadi madrasah yang maju, unggul dan mandiri dan berprestasi. MUY 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB