Minggu, 15 Juli 2012

Tari Nepah Hajad Tampil di Hadapan Menkokesra


NYARU MENTENG, FATTALA – Tari Nepah Hajad yang merupakan salah satu bentuk tarian tradisional Kalteng tersebut mendapat kesempatan terhormat tampil di hadapan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono usai pembukaan acara Jambore Nasional/perkampungan kerja BKPRMI di bumi perkemahan Nyaru Menteng Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, Sabtu (14/7).

“Tari Nepah Hajad binaan Hj. Norlaina Riban Satia tersebut adalah sebuah tarian yang menggambarkan tarian sakral dan bersifat magis, tarian ini menggambarkan pula pemenuhan janji serta suatu refleksi dari rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena limpahan dan karunia-Nya,” jelas Eriwan, koordinator sanggar seni dan tari “sumbu kurung” kota Palangka Raya kepada Fattala.

Tarian ini, tambah Eriwan, bersifat kegembiraan dimana refleksi gerak dan rasa syukur itu diaktualisasikan dalam perilaku budaya ritual dalam bentuk tarian gelang dibawakan oleh penari wanita yang kontemporer dengan bentuk pengembangan atau modifikasi musik dan gerak para penari tetapi tetap menggambarkan dasar seni gerak tradisional.

“Kita merasa senang dan berbangga karena berkesempatan untuk menampilkannya dihadapan pak Agung Laksono, Menkokesra, pak Gubernur Kalimantan Tengah, Teras Narang serta dihadapan para peserta tingkat nasional Jambore Nasional dan perkampungan kerja BKPRMI ini,” lanjut Eriwan. muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB