Jumat, 20 Juli 2012

Kerukunan Hidup Beragama Harus Tetap Dijaga


Ir. H. Ahmad Diran

PALANGKA RAYA, FATTALA – Masyarakat diminta tetap selalu menjaga kedamaian dan kerukunan hidup beragama, terkait dengan isu-isu keagamaan yang terjadi saat ini. “Saya mengajak kita semua untuk melihat nilai-nilai dasar dari semua agama meski berbeda-beda, nyatanya semua agama memiliki nilai yang sama yaitu cinta, kasih dan rahmat,” pesan H. Ahmad Diran, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di hari jadi kota dan pemerintah kota Palangka Raya beberapa waktu lalu.
Ia mengingatkan bahwa agama dan kepercayaan merupakan urusan pribadi yang hakiki dengan Sang khalik Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itu kita berkewajiban saling menghormati dan menghargai dengan sesama pemeluk agama dan kepercayaan dalam bingkai NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Nilai kerukunan hidup antarumat beragama di pandang dari aspek sosial-budaya menempati posisi yang sangat sentral, penting dan strategis bagi kesatuan bangsa Indonesia untuk menjadi perekat kesatuan bangsa yang sangat handal. Melalui ikatan semangat kerukunan hidup antarumat beragama akan mampu membangun atau memperkokoh persatuan masyarakat di Kalimantan Tengah yang memiliki keberagaman suku, ras dan agama menjadi sebuah komunitas yang sangat solid.

“Tanpa ikatan semangat kerukunan hidup antarumat beragama, masyarakat akan sangat rentan, rapuh dan hidup dalam suasana yang tidak nyaman karena penuh dengan rasa kecurigaan, ketegangan, dan bahkan akan sering muncul konflik-konflik kekerasan yang berkepanjangan. Oleh karena itu, solidaritas, kerjasama dan kerukunan hidup antarumat beragama diperlukan agar terciptanya kedamaian, ketentraman, dan tidak ada pertentangan antarumat beragama,” tambah Ahmad Diran.

Diran mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Tengah tak terkecuali masyarakat kota Palangka Raya agar dalam ke-Bhineka-an untuk terus hidup dalam kebersamaan dan rasa persaudaraan, saling bahu-membahu menggalang persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan Kalimantan Tengah pada umumnya dan kota Palangka Raya pada khususnya yang aman, tertib dan damai. “Mari kita tolak setiap bentuk propokasi oleh pihak-pihak tertentu yang ingin memecah belah kebersamaan yang telah terbina selama ini dengan mengedepankan semangat “Isen Mulang dan falsafah hidup “Huma Berang”. Muy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

©2009 FATTALA online | by TNB